PENGEMBANGAN COMPUTERIZED ADAPTIVE TESTING DENGAN ITEM RESPONSE THEORY MODEL LOGISTIK 4 PARAMETER

Pengujian kemampuan pada siswa saat ini dilakukan dengan membuat sebuah tes yang jumlah soalnya telah ditentukan dan dikerjakan oleh setiap siswa yang dikenal dengan Classical Test Theory (CTT). Namun, pengujian dalam bentuk tersebut kurang efektif karena sebaran kemampuan siswa berbeda. Dengan meng...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurjanah, Nurul Siti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3169/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03212 am a22002893u 4500
001 repoupi_31690
042 |a dc 
100 1 0 |a Nurjanah, Nurul Siti  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN COMPUTERIZED ADAPTIVE TESTING DENGAN ITEM RESPONSE THEORY MODEL LOGISTIK 4 PARAMETER 
260 |c 2017-10-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/31690/1/S_KOM_1303769_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31690/2/S_KOM_1303769_Table_of_content.docx.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31690/3/S_KOM_1303769_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31690/4/S_KOM_1303769_Chapter%201.docx.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31690/5/S_KOM_1303769_Chapter%202.docx.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31690/6/S_KOM_1303769_Chapter%203.docx.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31690/7/S_KOM_1303769_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31690/8/S_KOM_1303769_Chapter%205.docx.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31690/9/S_KOM_1303769_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31690/10/S_KOM_1303769_Appendix.docx.pdf 
520 |a Pengujian kemampuan pada siswa saat ini dilakukan dengan membuat sebuah tes yang jumlah soalnya telah ditentukan dan dikerjakan oleh setiap siswa yang dikenal dengan Classical Test Theory (CTT). Namun, pengujian dalam bentuk tersebut kurang efektif karena sebaran kemampuan siswa berbeda. Dengan menggunakan Computer Adaptive Test (CAT) dan Item response Theory (IRT) pengujian serta analisis hasil tes dapat dilakukan dengan lebih cepat walaupun setiap siswa mengerjakan tes yang soal dan jumlah soal yang diberikan berbeda. Oleh karena itu, penulis melakukan pembangunan CAT dan IRT dengan model logistik 4 parameter untuk mengetahui kemampuan siswa. Eksperimen yang dilakukan kepada 27 orang siswa dengan jumlah soal 50 butir juga dianalisis menggunakan CTT untuk mendapatkan pembanding. Hasil dari kedua analisis menunjukkan adanya perbedaan nilai akhir. Hal tersebut terjadi karena perbedaan cara pandang kedua bentuk analisis terhadap soal yang diberikan.---------- Student's ability test is currently done by making a test whose number of questions has been determined and done by each student. However, testing in such forms is less effective because the distribution of students' abilities is different. By using Computer Adaptive Test (CAT) and Item Response Theory (IRT) testing and analysis of test results can be done more quickly even though each student is doing a test that the problem and the number of questions given differently. Therefore, the authors do the development of CAT and IRT with logistics model 4 parameters to determine the ability of students. Experiments conducted on 27 students with a total of 50 grains were also analyzed using classical test theory (CTT) to obtain a comparison. The results of both analyzes indicate a difference in the final value. This happens because of differences in the way both views the form of analysis of the given problem. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31690/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3169/