STRATEGI PENANGANAN DENGAN PENDEKATAN PERILAKU- PERKEMBANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN EMOSI PADA ANAK DENGAN SPEKTRUM AUTISME

Tujuan penelitian ini untuk melihat hasil penanganan dengan menggunakan pendekatan perilaku-perkembangan dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan emosi pada anak dengan gangguan spektrum autisme. Desain penelitian yang digunakan adalah Within-Group Experimental Design dengan bentuk Single-Subject D...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Siregar, Ernie C. (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-11-06.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31716/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini untuk melihat hasil penanganan dengan menggunakan pendekatan perilaku-perkembangan dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan emosi pada anak dengan gangguan spektrum autisme. Desain penelitian yang digunakan adalah Within-Group Experimental Design dengan bentuk Single-Subject Design berupa A/B Design. Penanganan diberikan pada tiga anak yang berumur dibawah empat tahun. Pemberi penanganan adalah pendidik dan orang tua dan dilaksanakan selama 20 sesi/minggu selama 12 bulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi penanganan dengan pendekatan perilaku-perkembangan efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif verbal, non verbal, kemampuan kognitif anak secara keseluruhan dan meningkatkan kemampuan emosi.------------The purpose of this study to discover the result of an intervention using behavioral- developmental approach in improving cognitive and emotional abilities of children with autism spectrum disorders. This study employed a within-group experiment using a single-subject A/B design. The intervention was given to three children under the age of four. The intervention program was given by an educator and parents for 20 sesi/ a week in nine months. The results showed intervention using behavioral- developmental approach improving the cognitive abilities of verbal, non verbal and cognitive abilities of the child as a whole and increase emotional capability.
Item Description:http://repository.upi.edu/31716/1/D_PKH_14030005_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31716/2/D_PKH_14030005_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/31716/3/D_PKH_14030005_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31716/4/D_PKH_14030005_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/31716/5/D_PKH_14030005_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/31716/6/D_PKH_14030005_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/31716/7/D_PKH_14030005_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/31716/8/D_PKH_14030005_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/31716/9/D_PKH_14030005_Bibliography.pdf