RANCANG BANGUN MULTIMEDIA PLATFORMER GAME BERBASIS MODEL AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bangaimana peningkatan kognitif siswa dengan menerapkan multimedia platformer game berbasis model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada mata pelajaran sistem operasi di SMK Negeri 5 Bandung. Tujuan penelitian ini diantaranya 1) Mengana...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Budiman, Ihsan Arief (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31727/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03012 am a22003013u 4500
001 repoupi_31727
042 |a dc 
100 1 0 |a Budiman, Ihsan Arief  |e author 
245 0 0 |a RANCANG BANGUN MULTIMEDIA PLATFORMER GAME BERBASIS MODEL AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI 
260 |c 2017-10-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/31727/1/S_KOM_1303827_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31727/2/S_KOM_1303827_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31727/3/S_KOM_1303827_Table%20of%20Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31727/4/S_KOM_1303827_chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31727/5/S_KOM_1303827_chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31727/6/S_KOM_1303827_chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31727/7/S_KOM_1303827_chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31727/8/S_KOM_1303827_chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31727/9/S_KOM_1303827_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31727/10/S_KOM_1303827_Apppendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bangaimana peningkatan kognitif siswa dengan menerapkan multimedia platformer game berbasis model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada mata pelajaran sistem operasi di SMK Negeri 5 Bandung. Tujuan penelitian ini diantaranya 1) Menganalisis peningkatan kognitif siswa yang menggunakan multimedia platformer game berbasis model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada mata pelajaran sistem operasi. 2) Menganalisis respon peserta didik terhadap multimedia platformer game berbasis model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent control group design yang menggunakan 2 kelas sebagai objek penelitian. Banyaknya sampel yang digunakan adalah 34 orang diambil dari kelas XI TKJ 3 sebagai kelas eksperimen, dan 34 orang dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian Diketahui bahwa peningkatan didapatkan oleh kelas eksperimen tergolong kedalam kategori sedang. Hal ini terbukti dari hasil uji gain yang menunjukkan nilai gain pada kelas eksperimen sebesar 0,58 dan kelas kontrol sebesar 0,49. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan multimedia platformer game berbasis model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dapat meningkatkan aspek kognitif siswa sebesar 58%. Selain itu, multimedia ini juga sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian angket siswa terhadap multimedia menunjukkan pada kategori sangat baik dan memperoleh rata-rata nilai sebesar 88%. 
546 |a en 
690 |a T Technology (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31727/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/31727/