PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGENAL KAITAN MUTU PRODUK DENGAN PROSES PENGOLAHAN DI KELAS XI TPHP SMK PPN TANJUNGSARI

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang terdapat di SMK PPN Tanjungsari dimana masih terbatasnya sumber belajar dan belum terdapat pengembangan media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pengawasan Mutu Hasil Pertanian. Permasalahan tersebut mengakibatkan siswa memiliki motivasi belajar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hanifah, Nida Awalia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31735/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini berawal dari permasalahan yang terdapat di SMK PPN Tanjungsari dimana masih terbatasnya sumber belajar dan belum terdapat pengembangan media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pengawasan Mutu Hasil Pertanian. Permasalahan tersebut mengakibatkan siswa memiliki motivasi belajar yang kurang dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan media pembelajaran komik untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan aspek kognitif siswa. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media komik dinyatakan "Sangat Layak" oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Media pembelajaran komik dinyatakan "Sangat Baik" sebagai media pembelajaran berdasarkan kuisioner hasil tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran komik pada mata pelajaran Pengawasan Mutu Hasil Pertanian kompetensi dasar mengenal kaitan mutu produk dengan proses pengolahan dengan peningkatan yang signifikan melalui uji t. Peningkatan motivasi belajar siswa meliputi aspek adanya hasrat dan keinginan berhasil, tingkat keyakinan siswa terhadap kemampuannya dalam pembelajaran, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar dan tingkat perhatian siswa terhadap pembelajaran.----------
Item Description:http://repository.upi.edu/31735/1/S_IKOM_1301239_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31735/2/S_IKOM_1301239_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/31735/3/S_IKOM_1301239_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31735/4/S_IKOM_1301239_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/31735/5/S_IKOM_1301239_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/31735/6/S_IKOM_1301239_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/31735/7/S_IKOM_1301239_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/31735/8/S_IKOM_1301239_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/31735/9/S_IKOM_1301239_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31735/10/S_IKOM_1301239_Appendix.pdf