PENGGUNAAN MULTIMEDIA GAMIFIKASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya siswa SMK menerima pembelajaran yang bersifat konseptual pada mata pelajaran pemrograman dasar sehingga dibutuhkannya media bantuan untuk memvisualkan materi tersebut dan dapat menambah ketertarikan serta motivasi dalam proses pembelajaran. Penelitian d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wahyuni, Fitria (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3174/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03580 am a22002893u 4500
001 repoupi_31740
042 |a dc 
100 1 0 |a Wahyuni, Fitria  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN MULTIMEDIA GAMIFIKASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMK 
260 |c 2017-10-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/31740/1/S_KOM_1202297_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31740/2/S_KOM_1202297_Table%20of%20Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31740/3/S_KOM_1202297_ABSTRACT.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31740/4/S_KOM_1202297_CHAPTER%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31740/5/S_KOM_1202297_CHAPTER%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31740/6/S_KOM_1202297_CHAPTER%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31740/7/S_KOM_1202297_CHAPTER%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31740/8/S_KOM_1202297_CHAPTER%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31740/9/S_KOM_1202297_BIBLIOGRAPHY.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31740/10/S_KOM_1202297_APPENDIX.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya siswa SMK menerima pembelajaran yang bersifat konseptual pada mata pelajaran pemrograman dasar sehingga dibutuhkannya media bantuan untuk memvisualkan materi tersebut dan dapat menambah ketertarikan serta motivasi dalam proses pembelajaran. Penelitian dengan menggunakan model Siklus Hidup Menyeluruh oleh Munir ini bertujuan untuk mengetahui cara membangun multimedia gamifikasi dengan model direct instruction, mengetahui peningkatan pemahaman siswa SMK dalam pembelajaran pemrograman dasar dengan menggunakan multimedia gamifikasi dengan model pembelajaran direct instruction, dan mengetahui penilaian siswa terhadap multimedia gamifikasi dengan model pembelajaran direct instruction dalam pembelajaran pemrograman dasar. Langkah - langkah penelitian terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan penilaian. Peningkatan pemahaman siswa secara keseluruhan dalam penelitian mendapatkan rata-rata indeks gain sebesar 0,756 dan masuk dalam kategori tinggi. Untuk penilaian siswa terhadap multimedia, mendapatkan persentase sebesar 83,78% dan masuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian multimedia gamifikasi dapat meningkatkan pemahaman siswa SMK.---------- This research was motivated by the difficulty of SMK students recieving conceptual learning in the subjects Basic Programming so it needs media's help to visualize the material, and can add interest and motivation in the learning process. This research used Siklus Hidup Menyeluruh models by Munir which aims to knowing how to build multimedia gamification with direct instruction learning models, knowing students improvement in comperhension by utilizing this multimedia gamification with direct instruction learning models in the learning process, as well as determine the response of students to multimedia. Steps of this research consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and results. The results showed that the students improved in high category by gaining an average of 0,756 in index gain. And the students scroring for the multimedia is 83,78%, which in very good category. The conclusion is multimedia gamification can improve students comperhension in their learning process in SMK. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31740/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3174/