HUBUNGAN ANTARA RASA PERCAYA DIRI DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK: Penelitian Korelasional pada Anak Kelompok B di Taman kanak-kanak Kecamatan Sukasari Kota Bandung Tahun Ajaran 2016-2017

Rasa percaya diri dan keterampilan sosial merupakan dua aspek penting yang harus dikembangkan sejak usia dini. Namun kondisi di lapangan pada kenyataannya masih banyak guru yang belum memahami arti pentingnya rasa percaya diri dan keterampilan sosial anak. Jika kondisi ini terus terjadi maka masa pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Suryani, Ratih (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31767/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Rasa percaya diri dan keterampilan sosial merupakan dua aspek penting yang harus dikembangkan sejak usia dini. Namun kondisi di lapangan pada kenyataannya masih banyak guru yang belum memahami arti pentingnya rasa percaya diri dan keterampilan sosial anak. Jika kondisi ini terus terjadi maka masa peka anak akan terlewati dan perkembangan anak tidak akan tercapai secara optimal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara rasa percaya diri dengan keterampilan sosial anak Taman Kanak-kanak (TK). Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di TK Kecamatan Sukasari Kota Bandung, dengan populasi anak kelompok B sebanyak 419 anak dan sampel penelitian sebanyak 104 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara rasa percaya diri dengan keterampilan sosial anak TK dan tingkat hubungannya sedang. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0.538. Sehingga dapat dikatakan bahawa rasa percaya diri memberikan kontribusi sebesar 28,94% terhadap keterampilan sosial anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti merekomendasikan bagi sekolah untuk mengadakan kegiatan belajar yang mampu meningkatkan rasa percaya diri dengan keterampilan sosial anak.---------- Self-confidence and social skills are two important aspects that must be developed from an early age. But there are still many teachers who do not understand the importance of self-confidence and social achievement of children. If this condition continues to occur then the child's sensitivity will be missed and the child's development will not be optimal. The purpose of this is to know the relation between self-confidence and social skills of Kindergarten (TK) children. The method used is correlational method. This research conducted in Sukasari sub-district of Bandung City, with 419 children group B population and 104 research samples. The results showed that there is a relation between self-confidence with social skills of kindergarten children with a moderate high levels. The value of benefits gained is 0.538. It can be said that self-confidence contributes 28.94% to the child's social skills. Based on the results of this study, researchers recommended schools to carry out learning activities that can increase confidence and children's social skills.
Item Description:http://repository.upi.edu/31767/1/S_PAUD_1305495_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31767/2/S_PAUD_1305495_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31767/3/S_PAUD_1305495_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/31767/4/S_PAUD_1305495_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/31767/5/S_PAUD_1305495_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/31767/6/S_PAUD_1305495_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/31767/7/S_PAUD_1305495_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/31767/8/S_PAUD_1305495_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/31767/9/S_PAUD_1305495_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31767/10/S_PAUD_1305495_Appendix.pdf