EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF "THINK TALK WRITE (TTW)" UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DALAM BAHASA JERMAN

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan bahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Berdasarkan hasil pengamatan penulis dalam pembelajaran bahasa Jerman, siswa mengalami kesulitan dalam keterampilan menulis. Hal itu disebabkan karena kurangnya penguasaan struktur kalimat dan kurangnya mot...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Juniati, Resa (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31815/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan bahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Berdasarkan hasil pengamatan penulis dalam pembelajaran bahasa Jerman, siswa mengalami kesulitan dalam keterampilan menulis. Hal itu disebabkan karena kurangnya penguasaan struktur kalimat dan kurangnya motivasi menulis kalimat dalam bahasa Jerman. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa adalah dengan model pembelajaran kooperatif "Think Talk Write (TTW)". Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan siswa menulis dalam bahasa Jerman sebelum penggunaan model pembelajaran "Think Talk Write (TTW)"; (2) mengetahui kemampuan siswa menulis dalam bahasa Jerman setelah penggunaan model pembelajaran "Think Talk Write (TTW)"; dan (3) mengetahui efektivitas pembelajaran menulis dalam bahasa Jerman dengan menggunakan model pembelajaran "Think Talk Write (TTW)". Metode dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Angkasa Bandung semester ganjil 2017/2018, dan sampel penelitian ini adalah XI IPS C sebagai kelas eksperimen dan XI IPS A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes tertulis. Dari hasil penghitungan nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen pada saat pretest adalah 47.66 dan kelas kontrol sebesar 49,12. Setelah penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada kelas eksperimen, nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas eksperimen meningkat menjadi 82,03, sedangkan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan memiliki nilai rata-rata yang tidak jauh berbeda pada saat pretest yaitu 64,41. Hasil penghitungan uji signifikansi/ uji t menunjukkan t_hitung > t_(tabel )(8,637 > 1,670) dengan taraf signifikansi (∝) 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW). Dengan kata lain, model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Jerman. Oleh karena itu, disarankan kepada guru agar menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam bahasa Jerman.---------- Writing skill is one of the language skills that have to be mastered by students. Based on the writer's observation in German language lesson, students have difficulties in writing. It is caused by lack of sentence structure mastery and lack of motivation to write in German language. One of the learning models that can improve students' writing skill is cooperative "Think Talk Write (TTW)" learning model. The purposes of this research are (1) to describe students' writing skill in German language before using "Think Talk Write (TTW)" learning model; (2) to describe students' writing skill in German language after using "Think Talk Write (TTW)" learning model; and (3) to describe the effectivity of writing in German language learning by using "Think Talk Write (TTW)" learning model. The method in this research is Quasi Eksperimental using Nonequivalent Control Group Design. The population of this research is all the Eleventh grade students at SMA Angkasa Bandung of the first semester 2017/2018, and the samples of this research are XI IPS C as experimental class and XI IPS A as control class. The instrument that is used in this research is writing test. From the result, it can be known that the pretest average score in experimental class is 47.66 and in control class is 49.12. After using Think Talk Write (TTW) learning model in the experimental class, the average score improves to 82.03, meanwhile in the control class, that is not given any treatment, the average score is 64.41 which is not much more different with the pretest. The significance test or t test shows that t_count > t_(table )(8.637 > 1.670) with the significance level (∝) 0,05. It means there are significant differences in writing skills before and after using cooperative Think Talk Write (TTW) learning model. In other words, the cooperatif Think Talk Write (TTW) learning model is effective in improving writing skill in German language. Therefore, it is recommended for teachers to implement cooperative Think Talk Write (TTW) learning model as one of the alternatives to improve students' writing skill in German language.
Item Description:http://repository.upi.edu/31815/1/S_JRM_1300127_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31815/2/S_JRM_1300127_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31815/3/S_JRM_1300127_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/31815/4/S_JRM_1300127_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/31815/5/S_JRM_1300127_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/31815/6/S_JRM_1300127_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/31815/7/S_JRM_1300127_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/31815/8/S_JRM_1300127_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/31815/9/S_JRM_1300127_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31815/10/S_JRM_1300127_Appendix.pdf