PENGARUH MEDIA COLOUR BOX TERADAP PEMAHAMAN WARNA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I SDLB DI SLB PURNAMA ASIH

Kondisi anak tunagrahita yang memiliki fungsi intelektual yang rendah mengakibatkan timbulnya masalah-masalah di dalam kehidupan sehari-hari mereka. Salah satu permasalahan tersebut yaitu dalam memahami warna. Keberfungsian warna sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya, warn...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rahmasari, Aqmarina Indah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31852/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kondisi anak tunagrahita yang memiliki fungsi intelektual yang rendah mengakibatkan timbulnya masalah-masalah di dalam kehidupan sehari-hari mereka. Salah satu permasalahan tersebut yaitu dalam memahami warna. Keberfungsian warna sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya, warna berfungsi untuk membedakan suatu benda dan sifat dari benda tersebut. Salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman warna yaitu media colour box. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media colour box terhadap pemahaman warna pada anak tunagrahita ringan kelas I SDLB di SLB Purnama Asih. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subjek Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan yaitu desain A-B-A. Pengumpulan data menggunakan tes kinerja. Indikator pemahaman warna dalam penelitian ini adalah kemampuan peserta didik untuk menyebutkan, mengingat kembali, menunjukkan, mengidentifikasi, dan mengelompokkan warna-warna merah, kuning, biru, dan hijau. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh mean level baseline-1 (A1) sebesar 38,7%, mean level intervensi (B) sebesar 74,6%, dan baseline-2 (A2) sebesar 95,3%. Adanya perubahan tersebut menunjukkan bahwa media colour box berpengaruh positif dan dapat meningkatkan pemahaman warna pada anak tunagrahita ringan kelas I SDLB di SLB Purnama Asih. Penggunaan media yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. ---------- Children with intellectual disability condition, as called "Tunagrahita", are having intelegencial issues which carry the to having another daily problems. One of those problems is undertsnading colours. Colour have an important role in our daily life. People usually identify tools based on their colour. One of the popular methods used to increase the ability in knowing colours is "Colour Box Media". The research focused on understanding the impact of using "Colour Box Media" during the children with first grade in SLB Purnama Asih. This experiment also use "Single Subject Research" method, "A-B-A" desiged. Data collect using performance tests. The indicator used in this experiment is the students ability to mention and collect things based on their red, yellow, blue, and green colours. After that, the data was analyzed using descriptive statictic and the shiwed as a grapic. From this grapic, got result 38.7% for the mean baseline-1(A1) level, 74.6% for mean intervention (B) level, 95.3% for the baseline-2 (A2). From this numbers, can concluded that "Colour Box Media" increase the ability to understanding colours in SDLB Purnama Asih first grade student. The use of creative and innovative media can improve students motivation in learning process.
Item Description:http://repository.upi.edu/31852/1/FIP_S_PKH_1300258_Aqmarina%20Indah%20Rahmasari_TITLE.pdf
http://repository.upi.edu/31852/2/FIP_S_PKH_1300258_Aqmarina%20Indah%20Rahmasari_ABSTRACT.pdf
http://repository.upi.edu/31852/3/FIP_S_PKH_1300258_Aqmarina%20Indah%20Rahmasari_TABLE_OF_CONTENT.pdf
http://repository.upi.edu/31852/4/FIP_S_PKH_1300258_Aqmarina%20Indah%20Rahmasari_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31852/5/FIP_S_PKH_1300258_Aqmarina%20Indah%20Rahmasari_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/31852/6/FIP_S_PKH_1300258_Aqmarina%20Indah%20Rahmasari_CHAPTER%203.pdf
http://repository.upi.edu/31852/7/FIP_S_PKH_1300258_Aqmarina%20Indah%20Rahmasari_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31852/8/FIP_S_PKH_1300258_Aqmarina%20Indah%20Rahmasari_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31852/9/FIP_S_PKH_1300258_Aqmarina%20Indah%20Rahmasari_Bibliography.pdf