PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS SPARKOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DI SMK NEGERI 2 GARUT

Penelitian diawali dari beberapa permasalahan mengenai hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik yang dari tahun ke tahun masih rendah berdasarkan daftar nilai siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran mekanika teknik. Oleh karena itu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa sa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Savitri, Ratna Ayu (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3195/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04191 am a22003013u 4500
001 repoupi_31905
042 |a dc 
100 1 0 |a Savitri, Ratna Ayu  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS SPARKOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DI SMK NEGERI 2 GARUT 
260 |c 2017-10-31. 
500 |a http://repository.upi.edu/31905/1/S_TS_1300045_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31905/2/S_TS_1300045_Table%20of%20Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31905/3/S_TS_1300045_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31905/4/S_TS_1300045_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31905/5/S_TS_1300045_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31905/6/S_TS_1300045_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31905/7/S_TS_1300045_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31905/8/S_TS_1300045_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31905/9/S_TS_1300045_Bibliography.pdf 
520 |a Penelitian diawali dari beberapa permasalahan mengenai hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik yang dari tahun ke tahun masih rendah berdasarkan daftar nilai siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran mekanika teknik. Oleh karena itu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya dengan menggunakan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media untuk pelaksanaan pembelajaran mekanika teknik, hasil belajar siswa setelah menggunakan media, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Garut. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen lembar observasi. Hasil dari lembar observasi menunjukkan bahwa penggunaan media untuk pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori "baik". Berdasarkan analisis data, diperoleh peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang terjadi pada kelas eksperimen disebabkan oleh adanya penggunaan media pembelajaran video berbasis sparkol yang dilakukan oleh pendidik selama pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.---------- The research begins with some problems about student learning outcomes in the subjects of technical mechanics which from year to year is still low based on the list of student grades obtained from the technical subjects of mechanics. Therefore, efforts to improve student learning outcomes one of them by using Sparkol Based Video Learning Media. This study goals to determine the description of the use of media for the implementation of learning mechanics techniques, student learning outcomes after using the media, and improving student learning outcomes by using media. The research method used is quantitative method with pretest-posttest control group design. The population in this study is all students of class X DPIB in SMK Negeri 2 Garut. Sampling in this research using purposive sampling technique. The research instruments used were test instrument and observation sheet instrument. The results of the observation sheet indicate that the use of media for learning execution is categorized as "good". Based on the data analysis, the improvement of learning outcomes in the experimental class is greater than the control class. It was concluded that there was an increase in learning outcomes that occurred in the experimental class caused by the use of sparkol-based video learning media conducted by educators during the implementation of teaching and learning activities. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a TJ Mechanical engineering and machinery 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31905/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3195/