RANCANG BANGUN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL ARCS PADA PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER SMK

Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini berkaitan dengan bagaimana cara merancang multimedia interaktif dengan model pembelajaran ARCS serta untuk mengetahui tingkat motivasi peserta didik setelah menggunakan multimedia pembelajaran tersebut. Secara umum tujuan dilaksanakannya penelitian ini ad...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Putra, Fadhli (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31954/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04278 am a22003013u 4500
001 repoupi_31954
042 |a dc 
100 1 0 |a Putra, Fadhli  |e author 
245 0 0 |a RANCANG BANGUN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL ARCS PADA PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER SMK 
260 |c 2017-08-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/31954/1/S_KOM_1005120_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31954/2/S_KOM_1005120_Table%20of%20Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31954/3/S_KOM_1005120_ABSTRACT.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31954/4/S_KOM_1005120_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31954/5/S_KOM_1005120_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31954/6/S_KOM_1005120_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31954/7/S_KOM_1005120_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31954/8/S_KOM_1005120_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31954/9/S_KOM_1005120_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31954/10/S_KOM_1005120_Appendix.pdf 
520 |a Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini berkaitan dengan bagaimana cara merancang multimedia interaktif dengan model pembelajaran ARCS serta untuk mengetahui tingkat motivasi peserta didik setelah menggunakan multimedia pembelajaran tersebut. Secara umum tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik dengan bantuan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran jaringan dasar dalam materi topologi jaringan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Model pengembangan yang dilakukan adalah model Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal (Preliminary investigation), tahap desain (design), tahap realisasi/konstruksi (realization/construction), tahap tes , evaluasi, dan revisi (test, evaluation, revision) dan tahap implementasi (implementation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan survey lapangan dan angket. Setelah multimedia dikembangkan lalu diadakan prores validasi oleh ahli media. Hasil validasi ahli media 86,67% dapat dikategorikan sebagai sangat baik. Selanjutnya untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan multimedia interaktif menggunakan angket, setelah proses analisis didapat persentase 76,06% dimana tingkat motivasi peserta didik dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan adanya multimedia pembelajaran berbasis model ARCS dapat memberikan motivasi belajar kepada peserta didik. ---------- The problems studied in this thesis are related to how the development of interactive multimedia with ARCS learning model and to determine the motivation level of the learners after using multimedia learning. In general, the purpose of this study is to determine the level of learning motivation of learners with the help of interactive multimedia learning on the basic network subject in the network topology material. The research method used in this study is Research and Development. The development model conducted in this research is Plomp model consisting of the preliminary investigation, the design, the realization / construction, the test, the evaluation and revision (test, evaluation, revision) and the implementation phase (implementation). Data collection techniques conducted with field surveys and questionnaires. After the multimedia is developed, the validation process is held by media experts. The result of media expert's validation 86.67% can be categorized as excellent. Furthermore, to determine the level of learning motivation after using interactive multimedia using a questionnaire, after the analysis process obtained 76.06% percentage, the motivation level of learners is categorized very well. Based on the results of research that has been done, it can be concluded that the existence of learning-based multimedia model ARCS can provide motivation to learn to learners. 
546 |a en 
690 |a T Technology (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31954/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/31954/