PENGARUH OUTDOOR EDUCATION TERHADAP KOHESIVITAS DAN KOMUNIKASI

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh outdoor education terhadap kohesivitas dan komunikasi siswa, juga melihat perbedaan pada kedua kelompok sampel. Program outdoor education yang digunakan adalah rivercamp. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuant...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hakama, Adli (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-07-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3198/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02738 am a22002893u 4500
001 repoupi_31980
042 |a dc 
100 1 0 |a Hakama, Adli  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH OUTDOOR EDUCATION TERHADAP KOHESIVITAS DAN KOMUNIKASI 
260 |c 2017-07-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/31980/1/T_POR_1503211_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31980/2/T_POR_1503211_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31980/3/T_POR_1503211_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31980/4/T_POR_1503211_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31980/5/T_POR_1503211_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31980/6/T_POR_1503211_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31980/7/T_POR_1503211_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31980/8/T_POR_1503211_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31980/9/T_POR_1503211_Bibliography.pdf 
520 |a Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh outdoor education terhadap kohesivitas dan komunikasi siswa, juga melihat perbedaan pada kedua kelompok sampel. Program outdoor education yang digunakan adalah rivercamp. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 80 orang siswa SMP Putra Siliwangi Lembang yang dibagi ke dalam 2 kelompok, 40 siswa kelompok ekperimen dan 40 siswa kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kohesivitas kelompok dan skala komunikasi. Analisis data menggunakan uji t berpasangan atau Paired sample t test untuk melihat pengaruh perlakuan yang diberikan, dan independent sample t test untuk melihat perbedaan antara kedua kelompok sampel. Analisis dilakukan pada taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan analisis dan pengolahan data, diperoleh hasil kohesivitas dengan t = 9,503 dan sig = 0,000 < 0,05, sedangkan untuk hasil komunikasi dengan t = 9,661 dan sig = 0,000 < 0,05. Untuk perbedaan antara kelompok sampel pada kohesivitas diperoleh nilai t = 6,751 dan sig = 0,000 < 0,05, sedangkan untuk komunikasi diperoleh nilai t = 5,407 dan sig = 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan outdoor education terhadap kohesivitas dan komunikasi siswa. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Oleh karena itu dengan menggunakan outdoor education dapat meningkatkan nilai-nilai sosial (kohesivitas dan komunikasi) siswa.--------- 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31980/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3198/