PERANAN PERUBAHAN KONSEPTUAL MENGGUNAKAN BUKU AJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP KELAS IX PADA MATERI PEWARISAN SIFAT

Pemahaman konsep peserta didik yang kurang baik pada mata pelajaran IPA khususnya materi pewarisan sifat disebabkan oleh metode mengajar yang bersifat teacher centered. Akibat dari itu banyak peserta didik yang kurang mampu memahami isi dari buku ajar materi pelajaran. Perlu di cari alternatif untuk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Firdaus, Miftah Yahya (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31981/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pemahaman konsep peserta didik yang kurang baik pada mata pelajaran IPA khususnya materi pewarisan sifat disebabkan oleh metode mengajar yang bersifat teacher centered. Akibat dari itu banyak peserta didik yang kurang mampu memahami isi dari buku ajar materi pelajaran. Perlu di cari alternatif untuk mengatasi faktor-faktor penghambat proses pembelajaran yaitu dengan mengganti metode pembelajaran konvensional menjadi perubahan konseptual menggunakan buku ajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep peserta didik yang menerapkan perubahan konseptual menggunakan buku ajar dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX di SMP Kahuripan Lembang dengan kelas IX B sebagai kelas kontrol dan IX A sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik pada kelas yang menerapkan perubahan konseptual menggunakan buku ajar (kelas eksperimen) dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional (kelas kontrol), nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,07 yanng termasuk pada kategori rendah, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata N-Gain sebesar -0,11 yang termasuk pada kategori sangat rendah.---------- Conceptual understanding of the students is not good on the subject of science, especially on inheritance concepts caused of teacher centered methods. As a result of that many students who are less able to understand the content of textbooks. Therefore it is necessary to overcome the inhibiting factors by changing the method of learning, from conventional learning method to conceptual change using textbook. The purpose of this study is to know the difference understanding of the concept of students who apply the conceptual change using textbooks by using conventional learning methods. The research method used is quasi experiment method with research design that is used nonequivalent control group. The sampling technique used is purposive sampling, the sample used in this research is the students of class IX in Junior High School of Kahuripan Lembang with class IX B as the control class and IX A as the experimental class. The results showed that there were differences in students' conceptual understanding in the class apply the conceptual change using textbooks (experimental class) with class using conventional learning method (control class), N-Gain average value in the experimental class of 0.07, While in the control class the average value of N-Gain is -0.11 which is in the low and very low category.
Item Description:http://repository.upi.edu/31981/1/S_BIO_1000749_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31981/2/S_BIO_1000749_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/31981/3/S_BIO_1000749_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31981/4/S_BIO_1000749_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/31981/5/S_BIO_1000749_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/31981/6/S_BIO_1000749_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/31981/7/S_BIO_1000749_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/31981/8/S_BIO_1000749_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/31981/9/S_BIO_1000749_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31981/10/S_BIO_1000749_Appendix.pdf