OPTIMALISASI PERALATAN PRAKTIKUM KERJA BANGKU UNTUK MENCAPAI TUNTUTAN KOMPETENSI DASAR MELAKSANAKAN TEKNIK PENGGUNAAN PERKAKAS TANGAN

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan belum optimalnya penggunaan alat praktik kerja bangku pada mata pelajaran Teknologi Mekanik kelas X di SMK PGRI Telagasari Karawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang jumlah dan jenis alat, efisiensi penggunaan masing-...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Manik, Dicky Aditiya S (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-17.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31984/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan belum optimalnya penggunaan alat praktik kerja bangku pada mata pelajaran Teknologi Mekanik kelas X di SMK PGRI Telagasari Karawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang jumlah dan jenis alat, efisiensi penggunaan masing-masing alat yang selama ini digunakan, upaya yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan peralatan praktikum Kerja Bangku, serta informasi nilai efisiensi setelah dilakukan optimalisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan instrumen wawancara, dokumentasi, dan observasi. Temuan penelitian terdapat satu jenis job yang harus diselesaikan siswa, yakni proses pembuatan tang. Alat yang digunakan ada 19 jenis alat dengan status alat WST. Nilai efisiensi penggunaan alat praktik Kerja Bangku dari 19 alat tersebut yaitu dalam range < 70% dan > 90%, maka penggunaan alat praktik belum efisien karena jumlah alat yang tersedia sebagian dalam kategori berlebih dan sebagian lagi dalam kategori kekurangan alat. Upaya pengoptimalan alat praktik kerja bangku adalah dengan menentukan jenis job dan alokasi waktu sesuai dengan tuntutan kompetensi, membuat daftar pembagian tugas praktik, dan menentukan sebaran alat praktik dan alokasi penggunaannya. Setelah dioptimalkan maka nilai efisiensi penggunaan alat praktik kerja bangku adalah 86%. Hal tersebut menunjukkan bahwa efisiensi penggunaan alat praktik kerja bangku dalam kategori efisien, karena ada pada range 70-90%.---------- The background of this research is due to the un-optimized use of work bench practical tools in Mechanical Engineering Subject in Grade X PGRI Vocational School, Telagasari, Karawang. The aim of this research is to obtain the information in regards to the number and type of tools, usage efficiency of each tool used, the measure that needs to be taken to optimize the use of work bench practical tools, and the information about the efficiency value after the optimization. The methodology used in this research is descriptive research method; using interview, documentation and observation as the research instruments. The research finds that the students should do a step type of job, which is pliers-making. There are 19 types of tools with single work station tools status. The efficiency value of work bench tools ranges between <70% and >90%, therefore the use of tools has not yet been efficient as the number of tools available exceeds the necessity while some others are short in number. The effort to optimize the use of bench mark practical tools is by deciding the type of job and the time allocation according to the competency requirements; making a list of task distribution; and deciding the distribution of practical tools and the allocation of its use. After the optimization, the efficiency value of work bench practical tools use is 86%. It shows that the efficiency is within the efficient category as it falls between the ranges of 70%-90%.
Item Description:http://repository.upi.edu/31984/1/S_TM_1101764_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31984/2/S_TM_1101764_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31984/3/S_TM_1101764_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/31984/4/S_TM_1101764_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31984/5/S_TM_1101764_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/31984/6/S_TM_1101764_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/31984/7/S_TM_1101764_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31984/8/S_TM_1101764_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31984/9/S_TM_1101764_Bibliography.pdf