PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS : Studi Deskriptif terhadap Guru SMP Negeri 40 Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal terhadap kegiatan pembelajaran IPS yang dilakukan oleh salah satu guru di SMP Negeri 40 Bandung yang mengindikasikan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) mampu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tin...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Chadziqoh, Niswatul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3216/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal terhadap kegiatan pembelajaran IPS yang dilakukan oleh salah satu guru di SMP Negeri 40 Bandung yang mengindikasikan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) mampu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran IPS. Model pembelajaran PBL perlu dikembangkan oleh guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung agar siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang baik sehingga ia memiliki bekal dalam menghadapi berbagai tantangan di era abad 21. Untuk hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan model pembelajaran PBL untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif dengan subjek penelitian guru IPS dan siswa kelas IX-D SMP Negeri 40 Bandung yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data mengenai pelaksanaan model pembelajaran PBL untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa ialah observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model PBL dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hal ini didukung oleh data hasil observasi terhadap aktivitas kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dikembangkan melalui model PBL pada pertemuan pertama dan kedua yang menunjukkan peningkatan di setiap ranah berpikir tingkat tingginya yaitu, analisis, evaluasi, dan kreasi. ---------- This research is motivated by the results of initial observation on social studies learning activities conducted by one of the teachers at SMP Negeri 40 Bandung indicating that the implementation of Problem Based Learning (PBL) model is able to develop students' higher order thinking in social studies learning. PBL learning model needs to be developed by the teacher during the learning activities so that students have higher order thinking ability to provision them in facing various challenges in the 21st century era. For that matter, this study aims to describe the implementation of learning PBL model to develop students' higher order thinking ability. The method used in this study is descriptive method with the subject of research is social studies teacher and students of class IX-D SMP Negeri 40 Bandung, consisting of 30 students. Data collection techniques used to obtain the data on the implementation of PBL model to develop students' higher order thinking ability is observation. The results showed that the implementation of the PBL model can develop students' higher order thinking skills. This is supported by observational data on students' higher order thinking activities developed through the PBL model at the first and second meetings that showed improvement in each of the higher order thinking level areas i.e. analysis, evaluation, and creation.
Item Description:http://repository.upi.edu/32016/1/S_PSIPS_1307616_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32016/2/S_PSIPS_1307616_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32016/3/S_PSIPS_1307616_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32016/4/S_PSIPS_1307616_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32016/5/S_PSIPS_1307616_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32016/6/S_PSIPS_1307616_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32016/7/S_PSIPS_1307616_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32016/8/S_PSIPS_1307616_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32016/9/S_PSIPS_1307616_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32016/10/S_PSIPS_1307616_Appendix.pdf