HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN BERBICARA ANAK DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK: Penelitian Korelasional pada Anak Kelompok B di TK Kartika Siliwangi XIX-1 Bandung

Keterampilan berbicara dan keterampilan sosial anak merupakan dua hal yang penting untuk dikembangkan secara optimal sejak usia dini. Permasalahan yang sering ditemukan dilapangan adalah banyak orang tua dan guru belum menyadari akan arti pentingnya keterampilan berbicara dan sosial anak. Keterampil...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rahmawati, Erin Nopita (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3252/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Keterampilan berbicara dan keterampilan sosial anak merupakan dua hal yang penting untuk dikembangkan secara optimal sejak usia dini. Permasalahan yang sering ditemukan dilapangan adalah banyak orang tua dan guru belum menyadari akan arti pentingnya keterampilan berbicara dan sosial anak. Keterampilan berbicara itu sendiri merupakan alat untuk menjalin hubungan sosial anak dengan lingkungannya, jika hal itu terabaikan dikhawatirkan perkembangan keterampilan berbicara anak maupun keterampilan sosial anak tidak berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan berbicara anak dengan keterampilan sosial anak kelompok B. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode korelasional. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di TK Kartika Siliwangi XIX-1 Bandung dengan jumlah populasi sebesar 44 orang anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan berbicara anak dengan keterampilan sosial anak, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Besarnya korelasi 0,735 yang berarti tingkat hubungan keterampilan berbicara dengan keterampilan sosial itu tinggi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keterampilan berbicara memberikan kontribusi sebesar 54% terhadap keterampilan sosial anak. Pihak sekolah diharapkan mampu untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan keterampilan sosial anak dengan mengadakan berbagai kegiatan yang dapat menstimulus keterampilan berbicara dan keterampilan sosial anak Taman Kanak-kanak. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggali lebih dalam lagi mengenai faktor-faktor lain yang terkait dengan keterampilan berbicara dan keterampilan sosial anak. ---------- Speaking skills and social skills of children are two important things to be developed optimally from an early age. The problems that are often found in the field is that many parents and teachers are not aware of the importance of children's speaking and social skills. Speaking skills is a tool for social relationships with the child's environment, if it is ignored feared the development of children's speaking skills and social skills of children do not develop optimally. This study to determine the relationship between children's speaking skills with social skills of group B. The research method used in this research is using correlational method. The location of this research was conducted in Kindergarten Kartika Siliwangi XIX-1 Bandung with total population of 44 children. The results of this study indicate that there is a significant relationship between children's speaking skills with social skills of children, with a significance value of 0.000 less than 0.05 which means H0 rejected and Ha accepted. The magnitude of correlation 0.735 which means the level of relationship skills speaking with social skills is high. Thus it can be said that speaking skills contribute 54% to the child's social skills. The school and teacher is expected to be able to improve the speaking skills and social skills of children to hold various activities that can stimulate the skills of speaking and social skills of children in kindergarten. Futher investigators are expected to explore more deeply about other factors related to children's speaking and social skill.
Item Description:http://repository.upi.edu/32052/1/S_PAUD_1303647_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32052/2/S_PAUD_1303647_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32052/3/S_PAUD_1303647_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32052/4/S_PAUD_1303647_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32052/5/S_PAUD_1303647_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32052/8/S_PAUD_1303647_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32052/6/S_PAUD_1303647_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32052/7/S_PAUD_1303647_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32052/9/S_PAUD_1303647_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32052/10/S_PAUD_1303647_Appendix.pdf