MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM MELUKIS ANAK MELALUI KEGIATAN CANDLE MAGIC PAINTING

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui gambaran mengenai bagaimana peningkatan kreativitas dalam melukis anak melalui kegiatan candle magic painting, mengetahui kondisi objektif sebelum dan sesudah diadakan penelitianMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian T...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Gustini, Dini (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3265/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui gambaran mengenai bagaimana peningkatan kreativitas dalam melukis anak melalui kegiatan candle magic painting, mengetahui kondisi objektif sebelum dan sesudah diadakan penelitianMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dan melakukan kolaborasi dengan guru kelas. Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B di TK Muslimat Baiturrohmah Kecamatan Astanaanyar Bandung, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 15 orang anak yang berusia 5-6 tahun. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman observasi kreativitas anak. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II pada setiap siklusnya terdiri dari 2 tindakan. Kondisi awal kemampuan kreativitas anak dalam melukis di kelompok B TK Muslimat Baiturrohmah masih belum berkembang secara optimal, dengan persentase kategori kurang (K) 45.83%, kategori cukup (C) 47.5%, dan kategori baik (B) 6.67%. namu setelah diberikan kegiatan melukis melalui kegiatan candle magic painting kemampuan kreativitas dalam melukis anak mengalami peningkatan yang signifikan. Presentase kemampuan kreativitas dalam melukis anak dengan kategori kurang (K) menjadi 2.5%, kategori cukup (C) 25%, dan kategori baik (B) 72.5%.---------- This study aims to find out the description of how to improve creativity in painting children through candle magic painting activities, knowing the objective conditions before and after held research Method used in this research is the Classroom Action research method and collaborate with classroom teachers. This research was conducted on the children of group B in Muslimat Baiturrohmah Kindergarten District Astanaanyar Bandung, with the number of research subjects as many as 15 children aged 5-6 years. The research data was obtained by using research instrument in the form of guidance of children creativity observation. This research is done by four stages, they are planning stage, implementation stage, observation stage, and reflection. This research uses two cycles that are Cycle I and Cycle II in each cycle consist of 2 actions. Initial condition of creativity ability of children in painting in group B Muslimat Baiturrohmah Kindergarten still not developed optimally, with percentage category less (K) 45.83%, enough category (C) 47.5%, and good category (B) 6.67%. namu after given painting activity through candle magic painting activity creativity ability in painting children have significant improvement. The percentage of creativity ability in painting children with less category (K) to 2.5%, enough category (C) 25%, and good category (B) 72.5%.
Item Description:http://repository.upi.edu/32065/1/S_PAUD_1301128_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32065/2/S_PAUD_1301128_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32065/3/S_PAUD_1301128_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32065/4/S_PAUD_1301128_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32065/5/S_PAUD_1301128_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32065/6/S_PAUD_1301128_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32065/7/S_PAUD_1301128_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32065/8/S_PAUD_1301128_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32065/9/S_PAUD_1301128_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32065/10/S_PAUD_1301128_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/32065/11/S_PAUD_1301128_Appendix2.pdf