KAJIAN KEDUDUKAN DAN FUNGSI PUSDIK PANCASILA DAN KONSTITUSI DALAM MEMBANGUN KESADARAN BERKONSTITUSI WARGA NEGARA: Studi Kasus Di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesadaran berkonstitusi di lingkungan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai peristiwa ketatanegaraan yang terjadi baik itu pada tataran elit maupun pada masyarakat awam yang dianggap belum sesuai den...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Gumilar, Agung Tesa (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3271/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05701 am a22003013u 4500
001 repoupi_32071
042 |a dc 
100 1 0 |a Gumilar, Agung Tesa  |e author 
245 0 0 |a KAJIAN KEDUDUKAN DAN FUNGSI PUSDIK PANCASILA DAN KONSTITUSI DALAM MEMBANGUN KESADARAN BERKONSTITUSI WARGA NEGARA: Studi Kasus Di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi 
260 |c 2017-08-31. 
500 |a http://repository.upi.edu/32071/1/T_PKN_1502570_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32071/2/T_PKN_1502570_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32071/3/T_PKN_1502570_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32071/4/T_PKN_1502570_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32071/5/T_PKN_1502570_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32071/6/T_PKN_1502570_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32071/7/T_PKN_1502570_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32071/8/T_PKN_1502570_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32071/9/T_PKN_1502570_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32071/10/T_PKN_1502570_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesadaran berkonstitusi di lingkungan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai peristiwa ketatanegaraan yang terjadi baik itu pada tataran elit maupun pada masyarakat awam yang dianggap belum sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Konstitusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem pendidikan di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi, bagaimana pelaksanaan pendidikan dalam rangka membangun pemahaman, keterampilan dan sikap berkonstitusi warga negara di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi dan bagaimana implikasi yang terjadi sebagai hasil dari sistem dan pelaksanaan pendidikan terhadap kesadaran berkonstitusi warga negara di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi literatur dan studi dokumentasi. Temuan dari penelitian ini adalah (1) Sistem pendidikan yang diselenggarakan di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi merupakan sistem pendidikan terintegrasi yang didukung oleh komponen penunjang seperti kurikulum, materi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, tenaga pengajar yang kompeten dan berbagai sarana fasilitias yang bersifat fisik; (2) Pelaksanaan pendidikan yang diselenggarakan di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi dianggap sudah sangat baik dan memenuhi kriteria yang diharapkan sebagai model pendidikan konstitusi yang tepat khususnya dalam rangka mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap warga negara tentang Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; dan (3) Implikasi yang terjadi sebagai hasil dari sistem dan pelaksanaan pendidikan konstitusi yang diselenggarakan di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi terbagi kedalam tiga aspek, yakni implikasi pada aspek pengetahuan berkonstitusi warga negara, implikasi pada aspek keterampilan berkonstitusi warga negara, dan terakhir implikasi pada aspek sikap atau tindakan warga negara yang berlandaskan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. ----------- This research was motivated by the low awareness of constitution in the society in the life of nation and state. It was proved by various constitutional events that occurred at the level of the elite as well as in the common people who are not considered yet in accordance with the value of Pancasila and the Constitution. The formulation of the problem in this research is how the education system at Pancasila Education Center and the Constitution, how the implementation of education in order to build the understanding, skills and attitude constitution of citizens in the Center of Education Pancasila and Constitution, and how the implications that occured as a result of the system and implementation of education against Constitutional awareness of citizens in the Pancasila Education Center and the Constitution. This research used qualitative approach with case study method. Data collection was done by observation, interview, literature study and documentation study. The findings of this study were (1) The education system held at Pancasila Education Center and the Constitution was an integrated education system supported by supporting components such as curriculum, learning materials, learning evaluation, competent teaching staff and various physical facilities; (2) The implementation of education held at the Center for Pancasila and Constitutional Education was taken into account to be very good and meets the expected criteria as an appropriate model of constitutional education especially in order to develop the knowledge, skills and attitudes of citizens about Pancasila and the Constitution of the Republic of Indonesia Year 1945; And (3) The implications that occured as a result of the system and implementation of constitutional education held at the Pancasila Education Center and the Constitution are divided into three aspects, namely the implications of the constitutional knowledge of citizens, the implications of citizens' constitutional skills, and the last implication of aspects Attitudes or actions of citizens based on Pancasila and the Indonesia Republic Constitution. 
546 |a en 
690 |a JQ Political institutions Asia 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/32071/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3271/