PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI : studi kuasi eksperimen terhadap siswa kelas xi iis di sma negeri 1 jatiwangi

Penggunaan media Audiobook dapat membantu guru dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran sosiologi untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh penggunaan media Audiobook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pale...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Raharjo, Avif (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32128/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penggunaan media Audiobook dapat membantu guru dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran sosiologi untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh penggunaan media Audiobook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata paleajaran Sosiologi kelas XI IIS di SMAN 1 Jatiwangi. Rumusan masalah umum dalam penelitian ini yaitu"Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audiobook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IIS di SMAN 1 Jatiwangi?". Sedangkan rumusan masalah khusus dalam penelitian ini yaitu "Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa aspek Interpretation, Analysis, dan Inference antara sebelum dan sesudah menggunakan media Audiobook pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IIS di SMAN 1 Jatiwangi?". Meteode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian one group time series design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk uraian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Hasil dari penelitian yang dilakukan secara umum menunjukkan bahwa penggunaan media Audiobook berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI IIS di SMAN 1 Jatiwangi. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan tes kemampuan berpikir kritis yang siginifikan antara sebelum menggunakan media Audiobook (pretest) dan sesudah menggunakan media Audiobook (posttest).;---The use of Audiobook Media helped the teacher in the learning process on sociology subject to improve student's critical thinking. This research was aimed to describe and analyze the influence of the use of Audiobook Media towards student's critical thinking in sociology subject of eleventh social science graders of SMA 1 Jatiwangi. The general formulation of the problems research was, "Is there a significance influence between critical thinking ability before and after using Audiobook Media in sociology subject of eleventh social science graders of SMA 1 Jatiwangi?. Whereas the specific formulation of the problem in this research were," Is there a significance influence between critical thinking ability with the aspect of Interpretation, Analysis, and Inference before and after using Audiobook Media in sociology subject of eleventh sosical science graders of SMA 1 Jatwiangi?. Quasi-experimental design was employed in this study by using one group time series design. The instrument tha was uses in this study was essay test. The sampling was obtained by using cluster sampling. The result of this research showed that the use of Audiobook Media was significance influence towards student's critical thinking in sociology subject of eleventh sosical science graders of SMA 1 Jatiwangi. It can be shown from the improvement in critical thinking test that was significance before used Audiobok Media (pretest) and afther used Audiobook Media (posttest).
Item Description:http://repository.upi.edu/32128/1/S_KTP_1301844_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32128/2/S_KTP_1301844_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32128/3/S_KTP_1301844_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32128/4/S_KTP_1301844_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32128/5/S_KTP_1301844_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32128/6/S_KTP_1301844_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32128/7/S_KTP_1301844_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32128/8/S_KTP_1301844_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32128/9/S_KTP_1301844_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32128/10/S_KTP_1301844_Appendix.pdf