PENGARUH KOMPETENSI MENGAJAR GURU (PEDAGOGIK) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KEARSIPAN PADA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SETIA BHAKTI BANDUNG

Penelitian ini membahas mengenai rendahnya kompetensi pedagogik guru siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran kearsipan di SMK Setia Bhakti Bandung. Hal tersebut ditandai dengan naik turunnya tingkat ketidakhadiran siswa tanpa keterangan pada mata pelajaran tersebu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rakhmawati, Sri Utami (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32133/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03998 am a22003373u 4500
001 repoupi_32133
042 |a dc 
100 1 0 |a Rakhmawati, Sri Utami  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH KOMPETENSI MENGAJAR GURU (PEDAGOGIK) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KEARSIPAN PADA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SETIA BHAKTI BANDUNG 
260 |c 2017-08-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/32133/1/S_PKR_0908402_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32133/2/S_PKR_0908402_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32133/3/S_PKR_0908402_Table_Of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32133/4/S_PKR_0908402_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32133/5/S_PKR_0908402_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32133/6/S_PKR_0908402_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32133/7/S_PKR_0908402_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32133/8/S_PKR_0908402_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32133/9/S_PKR_0908402_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32133/10/S_PKR_0908402_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32133/11/S_PKR_0908402_Appendix2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32133/12/S_PKR_0908402_Appendix3.pdf 
520 |a Penelitian ini membahas mengenai rendahnya kompetensi pedagogik guru siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran kearsipan di SMK Setia Bhakti Bandung. Hal tersebut ditandai dengan naik turunnya tingkat ketidakhadiran siswa tanpa keterangan pada mata pelajaran tersebut selama periode tiga tahun. Kompetensi pedagogik guru yang rendah menjadi fokus kajian dalam penelitian yang dilakukan sebagai variabel yang berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Setia Bhakti Bandung sebanyak 53 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket yang dikembangkan dengan menggunakan model eksplanatory survey. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Kompetensi Pedagogik Guru di SMK Setia Bhakti Bandung termasuk dalam kategori sedang. Adapun motivasi belajar siswa di SMK Setia Bhakti Bandung termasuk dalam kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan. Untuk meningkatkan keterkaitan diantara variabel yang diteliti, pemberian pelatihan terhadap materi ajar untuk guru dan menetapkan tujuan pembelajaran yang tepat dengan memberikan variasi metode atau model dalam setiap pembelajaran menjadi beberapa hal yang disarankan dalam penlitian ini untuk ditingkatkan.;---There are several factors that can improve students' learning motivation, one of them is a Teachers' Pedagogical Knowledge. This article discussed the results of research on the influence of Theachers' Pedagogical Knowledge in improving students' learning motivation on archival subjects in a vocational high school in Bandung. The Research was conducted by using explanationary survey method, where the data were collected using questionnaire of likert scale that given to the respondents as much as 53 students majoring in Office Administration in tenth grade. The result of the research showed a positive and significant influence between Teachers' Pedagogical Knowledge on students' learning. Motivation. This article emphasizes the importance variables in an effort to improve student's learning motivation. 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/32133/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/32133/