PEMANFAATAN TAYANGAN BOCAH PEJUANG TRANS TV UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS : Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII A SMP Negeri 44 Bandung

Penelitian ini berkaitan dengan pemanfaatan tayangan bocah pejuang trans tv dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, peningkatan serta kendala dan solusi yang muncul dalam pembelajaran IPS. Metode yang digu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yusuf, Riyan Nuryana (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32139/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini berkaitan dengan pemanfaatan tayangan bocah pejuang trans tv dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, peningkatan serta kendala dan solusi yang muncul dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 44 Bandung dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Teori yang digunakan adalah teori kecerdasan sosial dari Suyono (2007). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan tayangan bocah pejuang trans tv dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa. Perencanaan harus dilakukan sebelum pembelajaran dengan menyusun RPP, model, metode, serta media pembelajaran dengan menggunakan tayangan bocah pejuang; pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan perencanaan yang telah dilakukan; indikator kecerdasan sosial yang mengalami peningkatan dan signifikan terlihat pada peningkatan kedisiplinan, kemampuan berempati, serta kemampuan berkomunikasi; serta kendala dan solusi yang dihadapi secara garis besar yaitu kurangnya pengalaman guru dalam memanfaatkan tayangan televisi untuk dijadikan media pembelajaran sehingga kesulitan dalam menentukan tayangan yang cocok dan sesuai dengan tujuan pemebelajaran. Penelitian ini merekomendasikan agar guru dan pihak sekolah dapat memanfaatkan media maupun sumber pembelajaran yang dekat dengan kehidupan siswa terutama tayangan-tayangan yang memiliki nilai-nilai positif supaya dapat meningkatkan kompetensi siswa yang lainnya.;---This research related to exploiting impressions of Bocah Pejuang in transTv to improve students' social intelligence in IPS learning, which the goal explained how to planning, implementing, improving as well as the constraints and solutions that arise in IPS learning. The method is used in this research it is case study research used Kemmis and Taggart model. Data collection is held of 8A class in SMPN 44 Bandung which is used observation and interview method. The theory is intelligence social theory from Suyono (2007). The result of this research showed that exploiting impressions of child fighter in trans Tv could be alternative to improve students' social intelligence planning should be done before learning with makes RPP, model, method, and instructional media which uses impressions child fighters; The implementation of learning adjusted to the planning that has been done; An increasing and significant indicator of social intelligence seen in improving discipline, empathy skills, and communication skills; As well as constraints and solutions encountered in the broad outline that is the lack of experience of teachers in utilizing television shows to be a medium of learning so that difficulty in determining the appropriate impressions and in accordance with the purpose of learning. This study recommends that teachers and the school can utilize the media and learning resources close to the lives of students, especially impressions that have positive values in order to improve the competence of other students.
Item Description:http://repository.upi.edu/32139/1/S_PSIPS_1307774_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32139/4/S_PSIPS_1307774_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32139/2/S_PSIPS_1307774_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/32139/3/S_PSIPS_1307774_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32139/5/S_PSIPS_1307774_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32139/6/S_PSIPS_1307774_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32139/7/S_PSIPS_1307774_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32139/8/S_PSIPS_1307774_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32139/9/S_PSIPS_1307774_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32139/10/S_PSIPS_1307774_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/32139/11/S_PSIPS_1307774_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/32139/12/S_PSIPS_1307774_Appendix3.pdf