PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI :Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri Sirnagalih Desa Sukamulya Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang dialami siswa dalam kelas yakni kelas IV SD Negeri Sirnagalih. Pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa metode reciprocal teaching diterapkan agar mengatasi mengatasi permasalahan tersebut, maka dengan metode re...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Shadatina, Rosadiyanah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32162/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03187 am a22003133u 4500
001 repoupi_32162
042 |a dc 
100 1 0 |a Shadatina, Rosadiyanah  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI :Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri Sirnagalih Desa Sukamulya Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung 
260 |c 2018-08-20. 
500 |a http://repository.upi.edu/32162/1/S_PGSD_1405235_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32162/2/S_PGSD_1405235_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32162/3/S_PGSD_1405235_Tabel_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32162/4/S_PGSD_1405235_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32162/5/S_PGSD_1405235_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32162/6/S_PGSD_1405235_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32162/7/S_PGSD_1405235_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32162/8/S_PGSD_1405235_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32162/9/S_PGSD_1405235_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32162/10/S_PGSD_1405235_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini berawal dari permasalahan yang dialami siswa dalam kelas yakni kelas IV SD Negeri Sirnagalih. Pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa metode reciprocal teaching diterapkan agar mengatasi mengatasi permasalahan tersebut, maka dengan metode reciprocal teaching yang sekiranya dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran membaca pemahaman teks narasi menggunakan metode reciprocal teaching dan untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa terhadap teks narasi menggunakan metode reciprocal teaching dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian model Elliot. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dengan 2 tindakan di setiap siklus. Data yang terkumpul, selama pelaksanaan penelitian terebut ternyata memperoleh hasil yang meningkat dari setiap siklus. Adapun nilai rata-rata proses pada siklus I yaitu 57,2 pada siklus II nilai dengan rata-rata 66,5 dan pada siklus III dengan rata-rata 80,9. Selain itu pemerolehan rata-rata hasil kemampuan membaca pemahaman siswa siklus I dengan rata-rata 61,6, siklus II dengan rata-rata 68,4, dan siklus III dengan rata-rata 73,4. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks narasi. Oleh karena itu guru dianjurkan untuk menggunakan metode reciprocal teaching dalam pembelajaran membaca pemahaman teks narasi. Kata Kunci : Membaca pemahaman, metode reciprocal teaching, teks narasi, pembelajaran bahasa indonesia. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/32162/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/32162/