KETERAMPILAN SOSIAL SISWA LOW VISION DI SEKOLAH DENGAN SETTING PENDIDIKAN INKLUSIF SD BPI BANDUNG

Hakikatnya anak berkebutuhan khusus sebagaimana anak pada umumnya, dalam melaksanakan aktivitas kesehariannya tidak akan lepas dari keterampilan sosial. Keterampilan sosial merupakan kemampuan kompleks yang terdiri dari kemampuan berinteraksi, berkomunikasi secara efektif baik secara verbal maupun n...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Utari, Dwi Sri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32225/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05399 am a22003253u 4500
001 repoupi_32225
042 |a dc 
100 1 0 |a Utari, Dwi Sri  |e author 
245 0 0 |a KETERAMPILAN SOSIAL SISWA LOW VISION DI SEKOLAH DENGAN SETTING PENDIDIKAN INKLUSIF SD BPI BANDUNG 
260 |c 2017-08-31. 
500 |a http://repository.upi.edu/32225/1/S_PKH_1005708_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32225/2/S_PKH_1005708_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32225/3/S_PKH_1005708_Table_Of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32225/4/S_PKH_1005708_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32225/5/S_PKH_1005708_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32225/6/S_PKH_1005708_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32225/7/S_PKH_1005708_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32225/8/S_PKH_1005708_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32225/9/S_PKH_1005708_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32225/10/S_PKH_1005708_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32225/11/S_PKH_1005708_Appendix2.pdf 
520 |a Hakikatnya anak berkebutuhan khusus sebagaimana anak pada umumnya, dalam melaksanakan aktivitas kesehariannya tidak akan lepas dari keterampilan sosial. Keterampilan sosial merupakan kemampuan kompleks yang terdiri dari kemampuan berinteraksi, berkomunikasi secara efektif baik secara verbal maupun nonverbal, kemampuan untuk dapat menunjukkan perilaku yang baik, serta kemampuan menjalin hubungan baik dengan orang lain yang digunakan seseorang untuk dapat berperilaku sesuai dengan apa yang diharapkan oleh sosial.Begitupula dengan siswa low vision, yaitu siswa tunanetra yang masih mampu menggunakan sisa penglihatannya untuk membaca dan menulis awas, baik ia menggunakan alat bantu penglihatan seperti kaca mata dan alat pembesaran lainnya maupun tanpa alat bantu penglihatan, sehingga dapat mengikuti proses pembelajaran bersama anak-anak pada umumnya di sekolah inklusi, sebuah sekolah dengan sistem pendidikan dimana setiap anak dianggap berhak menerima layanan pendidikan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing anak.Penelitian ini mengulas gambaran keterampilan sosial siswa low visondi sekolah dengan setting pendidikan inklusif, kesulitan yang dihadapi dalam melaksanakan keterampilan sosialnya serta upaya yang dilakukannya dalam mengatasi kesulitan-kesulitantersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa low vision, guru dari siswa low vision, serta teman dari siswa low vision sebagai sumber data. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh kesimpulan, bahwa siswa low vision mampu menguasai keterampilan sosial. Hanya saja dalam pelaksanaannya masih menghadapi kesulitan yang dipengaruhi oleh faktor internal berupa hambatan pengelihatan yang dialami siswa low vision serta faktor eksternal berupa belum tersedianya layanan-layanan komprehensif yang dibutuhkan oleh siswa low vision dalam melaksanakan keterampilan sosialnya. Sehingga membutuhkan upaya pengembangan keterampilan siswa low vision dalam melaksanakan keterampilan sosialnya.;---Essentially children with special needs as children in general, in carrying out their daily activities will not be separated from social skills. Social skills are complex abilities consisting of the ability to interact, communicate effectively both verbally and nonverbally, the ability to be able to show good behavior, and the ability to establish good relationships with others who used a person to be able to behave in accordance with what is expected by social. Similarly, students with low vision, the blind student who is still able to use the rest of his vision to read and write awas, whether he uses visual aids such as glasses and other enlargement tools or without visual aids, so that it can follow the learning process with children on generally in inclusive schools, a school with an educational system where every child is deemed to be eligible to receive education services tailored to the conditions and needs of each child. This study reviews the social skills of low vison students in schools with inclusive education settings, the difficulties they face in implementing their social skills and the efforts they have made in overcoming these difficulties. The method used is descriptive method using qualitative approach. Subjects in this study were low vision students, teachers from low vision students, as well as friends from low vision students as data sources. Results of data processing research obtained conclusion, that low vision students are able to master social skills. Only in the implementation still facing difficulties influenced by internal factors in the form of visual barriers experienced by low vision students and external factors in the form of unavailability of comprehensive services required by low vision students in implementing social skills. So it requires efforts to develop the skills of low vision students in implementing their social skills. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LC Special aspects of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/32225/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/32225/