MENINGKATKAN GREEN BEHAVIOR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN IPS SD : (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Pagerwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pembelajaran IPS dan kemampuan green behavior siswa kelas IV di SD Negeri 3 Pagerwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan model problem based learning dimana masalah yang disajikan berupa permasalahan lingkungan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ahmad, Aruni Azizah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32231/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pembelajaran IPS dan kemampuan green behavior siswa kelas IV di SD Negeri 3 Pagerwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan model problem based learning dimana masalah yang disajikan berupa permasalahan lingkungan dan untuk mengetahui peningkatan green behavior siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 3 Pagerwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Desain Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis Mc Taggart yang terdiri dari tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi siswa, lembar angket, lembar catatan lapangan, lembar evaluasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model problem based learning dalam pembelajaran IPS melalui fase orientasi masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membantu investigasi mandiri dan kelompok, mengembangkan dan mempresentasikan hasil, menganalisis dan mengevaluasi proses di kelas IV SD mengalami peningkatan, baik dari proses pembelajaran dan peningkatan green behaviour siswa. Dengan demikian peneliti merekomendasikan penerapan model problem based learning sebagai salah satu model yang dapat meningkatkan green behavior siswa pada pembelajaran IPS.
Item Description:http://repository.upi.edu/32231/1/S_PGSD_1405226_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32231/2/S_PGSD_1405226_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32231/3/S_PGSD_1405226_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32231/4/S_PGSD_1405226_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32231/5/S_PGSD_1405226_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32231/6/S_PGSD_1405226_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32231/7/S_PGSD_1405226_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32231/8/S_PGSD_1405226_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32231/9/S_PGSD_1405226_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32231/10/S_PGSD_1405226_Appendix.pdf