PENERAPAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA : Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V di SDN Sindangsari Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa. Sedangkan, pada kenyataannya keterampilan berbicara merupakan salah satu elemen penting dalam dunia pendidikan. Sehingga, perlu bagi seorang pendidik untuk mengajarkan bagaimana cara berbicara yang baik serta akuntabel. Ada...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aprilia, Khaerul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32232/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa. Sedangkan, pada kenyataannya keterampilan berbicara merupakan salah satu elemen penting dalam dunia pendidikan. Sehingga, perlu bagi seorang pendidik untuk mengajarkan bagaimana cara berbicara yang baik serta akuntabel. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan keterampilan berbicara pada siswa yaitu dengan bantuan media pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu komik. Tujuan dengan digunakannya media pembelajaran komik yaitu untuk (1) mengetahui proses pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media komik (2) meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam keterampilan berbicara melalui media komik. Komik merupakan sebuah buku yang disajikan dalam bentuk teks dan gambar. Selain itu, komik merupakan buku bacaan yang memberikan kesan menghibur namun juga memberikan edukasi pada pembacanya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Elliot. Instrumen yang digunakan pada penelitian yaitu rubrik penilaian performa, lembar observasi siswa dan guru, catatan lapangan serta dokumentasi. Partisipan dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Sindangsari di Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil dari penelitian penggunaan media komik untuk meningkatkan keterampilan berbicara menunjukan bahwa (1) penggunaan media komik dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata 62,17, pada siklus II meningkat menjadi 72,28 dan pada siklus III meningkat menjadi 77,80. Selain itu, (2) pembelajaran dengan menggunakan media komik mampu memotivasi siswa untuk gemar membaca. Maka daripada iu, penggunaan media komik dapat dijadikan salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Item Description:http://repository.upi.edu/32232/1/S_PGSD_1403471_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32232/2/S_PGSD_1403471_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32232/3/S_PGSD_1403471_%20Table%20of%20content.pdf
http://repository.upi.edu/32232/4/S_PGSD_1403471_%20Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32232/5/S_PGSD_1403471_%20Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32232/6/S_PGSD_1403471_%20Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32232/7/S_PGSD_1403471_%20Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32232/8/S_PGSD_1403471_%20Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32232/9/S_PGSD_1403471_%20Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32232/10/S_PGSD_1403471_Appendix.pdf