PENGARUH PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMKN 11 BANDUNG

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum efektifnyabelajar siswa program keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 11 Bandung. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu peran guru sebagai fasilitator (X)dan efektivitas belajar siswa (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rahmawati, Mega (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32244/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum efektifnyabelajar siswa program keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 11 Bandung. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu peran guru sebagai fasilitator (X)dan efektivitas belajar siswa (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran efektivitasperan guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa, selain itu adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efektivitas peran guru sebagai fasilitator terhadap efektivitas belajar siswa program keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 11 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likertdan studi dokumentasi berupa data nilai siswa. Data dianalisis menggunakan regresi sederhana. Ukuran populasi sebanyak 136 responden yaitu siswa kelas X Program keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 11 Bandung pada mata pelajaran kearsipan tahun ajaran 2016/2017. Berdasarakan hasil analisis didapatkan gambaran peran guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa pada kategori mendekati efektif. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa peran guru sebagai fasilitator berpengaruh lemahterhadap efektivitas belajar siswa.----- The problem under research is the less than effective student learning in the expertise program of office administration at SMKN 11 Bandung. This research consists of two variables, namely the role of teacher as a facilitator (X) and the effectiveness of student learning (Y). The purpose of this research is to find the teacher's role as a facilitator and the effectiveness of student learning;in addition, it is aimed to find the extent to which the role of teacher as a facilitator influences the effectiveness of student learning in the expertise program of Administration Office at SMKN 11 Bandung. The research employed a descriptive method. Data were collected using Likert scale questionnaire and through a documentary study of students' scores. Data were analyzed using simple regression. The population included 136 tenth grade students of Office Administration expertise program at SMKN 11 Bandung on the subject of archival, academic year 2016/2017. Based on the results of the analysis, the role of teacher as a facilitator and the effectiveness of studentlearning in "approaching effective" category. Results of hypothesis testingshowed that the role of teacher as a facilitator had a weak influence on the effectiveness of student learning.
Item Description:http://repository.upi.edu/32244/1/S_PKR_1307581_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32244/2/S_PKR_1307581_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32244/3/S_PKR_1307581_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32244/4/S_PKR_1307581_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32244/5/S_PKR_1307581_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32244/6/S_PKR_1307581_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32244/7/S_PKR_1307581_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32244/8/S_PKR_1307581_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32244/9/S_PKR_1307581_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32244/10/S_PKR_1307581_Appendix.pdf