PERAN IDENTITAS BUDAYA DALAM PROSES ADAPTASI MAHASISWA RANTAU : studi kasus pada mahasiswa Papua di Universitas Pendidikan Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran identitas budaya dalam proses adaptasi mahasiswa rantau Papua di Universitas Pendidikan Indonesia, dalam hal ini juga untuk mengetahui identitas budaya yang terbentuk dan mengetahui perubahan identitas budaya yang mungkin terjadi di kalangan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wulansari, Icah Ajeng (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32265/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran identitas budaya dalam proses adaptasi mahasiswa rantau Papua di Universitas Pendidikan Indonesia, dalam hal ini juga untuk mengetahui identitas budaya yang terbentuk dan mengetahui perubahan identitas budaya yang mungkin terjadi di kalangan mahasiswa Papua serta mengetahui apa saja hambatan yang dihadapi dalam proses adaptasi. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengetahui lebih dalam fenomena yang terjadi. Peneliti melakukan proses pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan observasi lapangan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembentukan identitas budaya yang dialami oleh mahasiswa Papua dipengaruhi aspek The Alignment subject (lingkungan asal), The Sosiologycal subject (lingkungan sosial) dan Post-Modern Subject. Proses adaptasi yang dihadapi mahasiswa Papua menjadi tidak mudah karena identitas yang kuat. Namun dengan seiring berjalannya waktu mereka dapat beradaptasi dan membiasakan diri dengan kebudayaan dan kebiasaan yang ada dengan tetap memegang teguh identitas yang mereka bawa dari lingkungan asalnya;--- The Purposes is to find out how the role of cultural identity in the adaptation process of rantau Papua students at Education University of Indonesia, in this case also to find out the cultural identity formed and know the cultural identity changes that may occur among Papuan students and find out what obstacles encountered in adaptation process. This research uses qualitative research techniques with case study approach to find out more in the phenomenon that occurs. Researchers collecting data by doing interviews and observations in the field. The results of the research show that the formation of cultural identity experienced by Papuan students influenced aspects of The Alignment subject (the environment of origin), The Sociologycal subject (social environment) and Post-Modern Subject. The adaptation process facing Papuan students is not easy because of its strong identity. But over time they can adapt and familiarize themselves with existing culture and customs while retaining the identity they carry from their home environment.
Item Description:http://repository.upi.edu/32265/1/S_IKOM_1300320_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32265/2/S_IKOM_1300320_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32265/3/S_IKOM_1300320_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/32265/4/S_IKOM_1300320_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/32265/5/S_IKOM_1300320_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/32265/6/S_IKOM_1300320_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/32265/7/S_IKOM_1300320_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/32265/8/S_IKOM_1300320_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/32265/9/S_IKOM_1300320_Bibilography.pdf
http://repository.upi.edu/32265/10/S_IKOM_1300320_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/32265/11/S_IKOM_1300320_Appendix2.pdf