POTENSI PEMANFAATAN KAWASAN KARS CITATAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI KABUPATEN BANDUNG BARAT

Sumber belajar merupakan segala sesuatu baik yang didesain maupun menurut sifatnya dapat dipakai atau dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran untuk memudahkan belajar siswa. Sumber belajar ini ada yang berbentuk pesan, manusia, bahan, peralatan, teknik, lingkungan. Kawasan kars citatah memiliki pot...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Muhamad, Agung Billawal (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32272/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Sumber belajar merupakan segala sesuatu baik yang didesain maupun menurut sifatnya dapat dipakai atau dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran untuk memudahkan belajar siswa. Sumber belajar ini ada yang berbentuk pesan, manusia, bahan, peralatan, teknik, lingkungan. Kawasan kars citatah memiliki potensi sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengidentifikasi kondisi geografis kawasan karst citatah, 2) Mengidentifikasi pengetahuan Guru tentang kawasan Karst Citatah sebagai sumber belajar geografi, 3) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan kawasan Karst Citatah sebagai sumber belajar, 4) Mengetahui strategi Pemanfaatan Kawasan Karst Citatah sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode Deksriptif. Dengan populasi seluruh guru geografi SMA di Kabupaten Bandung Barat, dengan pengambilan sampel menggunakan Purpossive sampling. Variabel penelitian adalah sumber belajar. Instrumen yang digunakan Lembar Observasi, Dokumentasi, Kuisioner/ Angket. Teknik analisis data yang digunakan persentase. Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa : (1) Kondisi geografis yang dimiliki kawasan kars citatah dapat dijadikan sebagai sumber belajar, adanya koleksi batuan eksokars, endokars, koleksi flora dan fauna hingga fosil, (2) Guru mengetahui kawasan kars citatah dapat dijadikan sumber pembelajaran khususnya pada mata pelajaran geografi dan Seluruhnya mengetahui bahwa Kawasan Kars Citatah memiliki fungsi sebagai sumber belajar, (3) faktor pendukung seperti kondisi fisik, sarana dan prasarana, fungsi kawasan kars, tersedianya narasumber dan objek kawasan kars yang dapat memperkaya ilmu pengetahuan. Faktor penghambatnya yaitu iklim/ cuaca, (4) Guru memanfaatkan strategi kawasan kars citatah sebagai sumber belajar dengan bentuk bahan ajar dan media. Dengan demikian, kawasan kars citatah sebagai sumber belajar geografi di kabupaten bandung barat dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran geografi.;--- Learning resources are everything that is designed or according to its nature can be used or utilized in learning activities to facilitate student learning. These learning resources exist in the form of messages, people, materials, tools, techniques, environment. The area kars citatah has the potential as a source of learning. The objectives of this research are: 1) Identify the geographical condition of Citatah karst area, 2) to identify teacher knowledge about Citatah karst area as a source of geography learning, 3) to identify the supporting factors and inhibit the utilization of Citatah karst area as a learning resource, 4) to know the strategy of utilization of Citatah karst area As a learning resource. This research uses descriptive method. With a population of all high school geography teachers in West Bandung regency, with sampling using Purpossive sampling. Research variable is learning resource. Instruments used Observation Sheet, Documentation, Questionnaire. Data analysis technique used percentage. Result of research shows that: (1) Geographical condition owned karst citatah area can be used as a source of learning, eksokars rock collection, endokarst, collection of flora and fauna fossil, (2) Teacher Knowing karst citatah area can be used as learning resource especially on geography subject And All know that Citatah Karst Area has a function as a learning resource, (3) supporting factors such as physical condition, facilities and infrastructure, karst area function, the availability of resources and objects of karst area that can enrich science. Inhibiting factors are climate / weather, (4) Teachers utilize karst citatah area strategy as a learning resource with the form of teaching materials and media. Those, the area karst citatah as a source of learning geography in the district of west bandung can be used as a source of geography learning.
Item Description:http://repository.upi.edu/32272/1/S_GEO_1307168_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32272/2/S_GEO_1307168_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32272/3/S_GEO_1307168_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/32272/4/S_GEO_1307168_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32272/5/S_GEO_1307168_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32272/6/S_GEO_1307168_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32272/7/S_GEO_1307168_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32272/8/S_GEO_1307168_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32272/9/S_GEO_1307168_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32272/10/S_GEO_1307168_Appendix1.pdf