PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ORACLE VIRTUALBOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional dengan media pembelajaran Oracle VirtualBox pada mata pelajaran sistem operasi kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 SMK Muslimin 1 Kota Bandung. Penelitian terdiri dari dua kelas, yakni k...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Prathama, Galang Wira (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32296/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional dengan media pembelajaran Oracle VirtualBox pada mata pelajaran sistem operasi kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 SMK Muslimin 1 Kota Bandung. Penelitian terdiri dari dua kelas, yakni kelas eksperimen menggunakan media VirtualBox, sedangkan kelas kontrol menggunakan media konvensional. Tes berupa pretest dan posttest sebanyak 28 soal yang telah diuji validitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes diantara kedua kelas. Kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata pada aspek kognitif 0,53, aspek afektif 0,22, aspek psikomotor 0,20. Sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan rata-rata pada aspek kognitif 0,41, aspek afektif 0,21, aspek psikomotor 0,18. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan menggunakan media VirtualBox pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan media konvensional.;--- This study aims to determine the comparison of student learning outcomes using conventional learning media with learning media Oracle VirtualBox on the subjects of class X TKJ 1 and X TKJ 2 SMK Muslimin 1 Bandung. The study consists of two classes, namely experimental class using VirtualBox media, while control class using conventional media. Pretest and posttest test of 28 questions that have been tested its validity. The results of this study indicate that there are differences in test results between the two classes. The experimental class experienced an average increase in the cognitive aspects of 0.53, the affective aspect of 0.22, the psychomotor aspect of 0.20. While the control class experienced an average increase in the cognitive aspects of 0.41, affective aspects 0.21, psychomotor aspects 0.18. This suggests that improving the understanding of learners' concepts by using VirtualBox media in experimental class is better than control classes that use conventional media.
Item Description:http://repository.upi.edu/32296/1/S_TE_1002442_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32296/2/S_TE_1002442_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32296/3/S_TE_1002442_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/32296/4/S_TE_1002442_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32296/5/S_TE_1002442_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32296/6/S_TE_1002442_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32296/7/S_TE_1002442_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32296/8/S_TE_1002442_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32296/9/S_TE_1002442_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32296/10/S_TE_1002442_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/32296/11/S_TE_1002442_Appendix2.pdf