PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK BINA WARGA KOTA BANDUNG

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum optimalnya kinerja guru di SMK Bina Warga Kota Bandung. Hal tersebut ditandai dengan pencapaian kinerja guru dalam realisasinya belum sesuai dengan target yang direncanakan yang disebabkan oleh belum optimalnya kepemimpinan kepala sekolah. P...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Akbar, Luthfi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3236/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum optimalnya kinerja guru di SMK Bina Warga Kota Bandung. Hal tersebut ditandai dengan pencapaian kinerja guru dalam realisasinya belum sesuai dengan target yang direncanakan yang disebabkan oleh belum optimalnya kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X) dan kinerja guru (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai adanya gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, memperoleh gambaran mengenai adanyatingkatkinerjaguru, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatory survey. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran angket dengan model skala likert, yang dianalisis menggunakan regresi sederhana. Populasinya yaitu 52orang guru di SMK BinaWarga Kota Bandung. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana.Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan informasi bahwa gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah berada pada kategori efektif dan kinerja guru berada pada kategori sedang. Selanjutnya, data yang diperoleh berpola linier. Dari hasil uji hipotesis diperoleh bahwa gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SMK BinaWarga Kota Bandung.;--- The problem studied in this research is not yet optimal performance of teachers in SMK Bina Warga Kota Bandung. It is marked by the achievement of teacher performance in its realization not yet in accordance with the planned target which is caused by not optimal of headmaster leadership. This study consists of two variables: the principal transformational leadership style (X) and teacher performance (Y). The purpose of this study is to obtain a description of the transformational leadership style of the principal, to get an idea of the teacher's level of performance, and to see if there is any effect of the headmaster's transformational leadership style on teacher performance. The method used in this research is eksplanatory survey method. Technique of collecting data by way of dispersion of questionnaire with likert scale model, which is analyzed using simple regression. Its population is 52 teachers in SMK Bina Warga Kota Bandung. Data analysis technique used is simple linear regression test. Based on the results of the research, it is found that the headmaster's transformational leadership style is in the effective category and the teacher's performance is in the medium category. Furthermore, the data obtained is linear patterned. From the result of hypothesis test, it is found that the transformational leadership style of principal has a positive effect on teacher performance in SMK Bina Warga Kota Bandung.
Item Description:http://repository.upi.edu/32306/1/S_PKR_1301901_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32306/2/S_PKR_1301901_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32306/3/S_PKR_1301901_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/32306/4/S_PKR_1301901_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32306/5/S_PKR_1301901_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32306/6/S_PKR_1301901_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32306/7/S_PKR_1301901_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32306/8/S_PKR_1301901_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32306/9/S_PKR_1301901_Bibliography.pdf