ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEDIA INTERNET MAHASISWA DALAM MEMANFAATKAN FITUR BERITA DI LINE TODAY : studi deskriptif pada mahasiswa departemen kurikulum dan teknologi pendidikan di universitas pendidikan indonesia kampus bumi siliwangi

Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat literasi media internet mahasiswa departemen kurikulum dan teknologi pendidikan universitas pendidikan indonesia, adapaun secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana tingk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Arisandhy, Niken Septa (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32336/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat literasi media internet mahasiswa departemen kurikulum dan teknologi pendidikan universitas pendidikan indonesia, adapaun secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana tingkat kemampuan literasi media internet mahasiswa dalam aspek critical understanding dan communicative abilities. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kepada mahasiswa departemen kurikulum dan teknologi pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia yang terdaftar pada semester genap 2016/2017. Dengan jumlah responden pada penelitian ini adalah 84 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan bantuan google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji Chi Kuadrat satu sampel dan menggunakan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat kemampuan literasi media internet mahasiswa dalam memanfaatkan fitur berita di LINE TODAY berada di tingkat medium untuk aspek critical understanding dan tingkat tinggi untuk aspek communicative abilities. Adapun simpulan khusus dalam penelitian ini adalah 1) mahasiswa memiliki kriteria yang terdapat dalam aspek critical understanding yang di dalamnya berisi understanding media and its function, knowledge about media and regulation, dan user behavior, ketiga kriteria tersebut secara bertahap dimiliki oleh mahasiswa akan tetapi dari hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa masih belum memiliki kriteria yang krusial dalam aspek tersebut, seperti mahasiswa hanya membuka LINE TODAY untuk mengisi waktu luang yang pada dasarnya kemampuan literasi media dimiliki dengan banyak membaca, observasi, melakukan evaluasi dan memberikan penilaian agar dapat membuat keputusan yang lebih baik di masa mendatang 2) hampir seluruh mahasiswa memiliki jalinan relasi dengan tujuan kerjasama sosial baik di dalam kampus maupun di luar kampus dan dapat menjaga diskusi di dalam grup dengan bantuan LINE TODAY.;---In general, the purpose of this study is to describe how internet media literacy skill levels of students of Department of Curriculum and Educational Technology Universitas Pendidikan Indonesia, in particular the purpose of this study is to describe and analyze how internet media literacy skill levels of students in aspects of critical understanding and communicative abilities. This research is a descriptive type of research to students Department of Curriculum and Educational Technology Universitas Pendidikan Indonesia who registered in the semester of 2016/2017. With the number of respondents in this research were 84 students. This research is quantitative research and the research method used is descriptive with survey type. Data collection technique used is questionnaires with the help of google form. Data analysis technique used is using Chi Square test one sample and percentage use. Based on the search result, can be seen that internet media literacy skill levels of students in using features news on the LINE TODAY is at medium level for critical understanding and high level for communicative abilities. As for the specific conclusions in the study are 1) students have the criteria contained in the aspect of critical understanding in which contains the media understanding and its function, knowledge about media and regulation, and user behavior. The three criteria gradually owned by students but from the results of research conducted the students still does not have crucial criteria in that aspect, as student only open LINE TODAY to fill the spare time which is basically media literacy ability possessed by read a lot, observation, evaluation and provide an assessment in order to make better decisions in the future, 2) Almost all students have relationship with the goal of social cooperation both within campus or outside campus and can keep the discussion within the group with the help of LINE TODAY.
Item Description:http://repository.upi.edu/32336/1/S_KTP_1002148_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32336/2/S_KTP_1002148_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32336/3/S_KTP_1002148_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/32336/4/S_KTP_1002148_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32336/5/S_KTP_1002148_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32336/6/S_KTP_1002148_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32336/7/S_KTP_1002148_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32336/8/S_KTP_1002148_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32336/9/S_KTP_1002148_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32336/10/S_KTP_1002148_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/32336/11/S_KTP_1002148_Appendix2.pdf