PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA : studi eksperimen pada mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Negeri 1 Bandung

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model Discovery Learning dengan kelas yang tidak menerapkan model Discovery Learning di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan n...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nugraha, Indri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-07-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32346/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model Discovery Learning dengan kelas yang tidak menerapkan model Discovery Learning di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalen (pretes - postes) Control-Group Design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yaitu siswa kelas XI AK 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa dan XI AK 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji t diperoleh t hitung = 8,486 dan t tabel = 1,996 dengan taraf signifikansi 0,05 dan dk = 68 dengan thitung > ttabel, hasil penelitian menunjukan bahwa hipotesis diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa belajar siswa antara kelas yang menerapkan model discovery learning dengan kelas yang tidak menerapkan model discovery learning di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung.;--- This research was conducted to determine the difference of student's learning outcomes between the class which applying Discovery Learning model by the class which not applying Discovery Learning model in class of XI Accounting SMK Negeri 1 Bandung.This research is using quasi-experimental method with non equivalen (pre test - post test) Control-Group Design. Sample in this research are using purposive sampling, class XI AK 1 as control class with 35 students and XI AK 2 as experimental class with 35 students. Result of statistical hypothesis testing using t-test obtained tcount = 8,486 and t table = 1,996 with significance level of 0,05 and df = 68 with tcount > ttable.. The research results showed that the hiypothesis is accepted, which means that the difference in learning outcomes of students between class which applying Discovery Learning model by the class which not applying Discovery Learning model in class of XI Accounting SMK Negeri 1Bandung.
Item Description:http://repository.upi.edu/32346/1/S_PEA_1301045_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32346/3/S_PEA_1301045_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32346/2/S_PEA_1301045_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/32346/4/S_PEA_1301045_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/32346/5/S_PEA_1301045_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/32346/6/S_PEA_1301045_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/32346/7/S_PEA_1301045_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/32346/8/S_PEA_1301045_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/32346/9/S_PEA_1301045_Bibliography.pdf