PENERAPAN MODEL MULTILITERASI INVESTIGASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA : Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN 040 Pasawahan Kecamatan Wates Kelurahan Bandung Kidul Kota Bandung

Penelitian ini didasarkan oleh rendahnya keterampilan menulis teks berita. Hal tersebut disebabkan, karena pada proses pembelajaran penyajian cenderung monoton, serta kurangnya bimbingan dari guru itu sendiri, pengetahuan siswa mengenai isi dalam sebuah berita pun sangat minim, siswa juga merasa kes...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aryanti, N. Sinta Mustika (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3237/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini didasarkan oleh rendahnya keterampilan menulis teks berita. Hal tersebut disebabkan, karena pada proses pembelajaran penyajian cenderung monoton, serta kurangnya bimbingan dari guru itu sendiri, pengetahuan siswa mengenai isi dalam sebuah berita pun sangat minim, siswa juga merasa kesulitan dalam menentukan pokok-pokok berita, menuangkan kedalam bentuk teks, serta menyunting teks berita, ditambah dengan tidak adanya model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menunjang kegiatan siswa dalam penulisan teks berita. Maka dari itu diperlukan adanya perbaikan dengan menggunakan model multiliterasi investigasi pada pembelajaran menulis teks berita. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses belajar dan meningkatkan keterampilan menulis teks berita. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model John Elliot yang terdiri dari 3 siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari 3 tindakan. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini yaitu pedoman penilaian proses dan hasil, lembar observasi, catatan lapangan, kamera foto, dan lembar wawancara. Pengolahan data yang dilakukan dengan data kualitatif, data kuantitatif, dan triangulasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa siswa sudah mampu menulis teks berita. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata proses dan hasil menulis teks berita yang diperoleh siswa meningkat pada setiap siklusnya. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model multiliterasi investigasi dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa kelas V Sekolah Dasar.
Item Description:http://repository.upi.edu/32370/1/S_PGSD_1401745_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32370/2/S_PGSD_1401745_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32370/3/S_PGSD_1401745_Tabel_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32370/4/S_PGSD_1401745_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32370/5/S_PGSD_1401745_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32370/6/S_PGSD_1401745_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32370/7/S_PGSD_1401745_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32370/8/S_PGSD_1401745_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32370/9/S_PGSD_1401745_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32370/10/S_PGSD_1401745_Appendix.pdf