PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA MELALUI BLOG DALAM PEMBELAJARAN IPS : penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII-H SMPN 14 Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di kelas VIII-H SMP Negeri 14 Bandung yaitu kurangnya keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut dilihat dari hasil laporan individu yang cukup rendah dimana isi laporan hanya berisi materi yang disalin dari buku pak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Chairunnisa, Marini (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3242/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 06456 am a22003253u 4500
001 repoupi_32420
042 |a dc 
100 1 0 |a Chairunnisa, Marini  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA MELALUI BLOG DALAM PEMBELAJARAN IPS : penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII-H SMPN 14 Bandung 
260 |c 2017-10-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/32420/1/S_PSIPS_1307160_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32420/2/S_PSIPS_1307160_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32420/3/S_PSIPS_1307160_Table_Of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32420/4/S_PSIPS_1307160_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32420/5/S_PSIPS_1307160_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32420/6/S_PSIPS_1307160_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32420/7/S_PSIPS_1307160_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32420/8/S_PSIPS_1307160_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32420/9/S_PSIPS_1307160_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32420/10/S_PSIPS_1307160_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32420/11/S_PSIPS_1307160_Appendix2.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di kelas VIII-H SMP Negeri 14 Bandung yaitu kurangnya keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut dilihat dari hasil laporan individu yang cukup rendah dimana isi laporan hanya berisi materi yang disalin dari buku paket serta kurangnya usaha dalam mencari informasi dari sumber lain seperti artikel di internet. Selain itu isi hasil laporan kelompok masih sangat monoton belum ada keterkaitan antara materi IPS dengan keadaan lingkungan sekitar, hal ini terlihat dari kurang adanya dorongan pada siswa untuk mengembangkan minat mereka dalam menulis laporan kelompok yang lebih baik dan informatif. Kita ketahui bahwa keterampilan menulis ini penting bagi perkembangan siswa untuk, memberikan opini serta mengetahui cara menghadapi permasalah di lingkungan mereka serta dapat menjadikan siswa lebih produktif dalam berkarya. Sehingga peneliti memilih Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis & Taggart yang terdiri perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi dan dilakukan dalam tiga siklus. Selanjutnya peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan menulis melalui blog. Pencapaian tujuan yang diharapkan tergambar pada peningkatan keterampilan menulis berdasarkan indikator-indikator dalam pedoman observasi. Berhasilnya penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan keterampilan menulis siswa yang ditunjukkan melalui perkembangan beberapa indikator dari keterampilan menulis seperti membuat kerangka ide penulisan, mempertimbangkan konteks isi di blog, memikirkan fokus penulisan di blog, mengembangkan paragraf pada blog dan membuat daftar revisi untuk tulisan siswa lain. Seluruh aspek atau indikator yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan dari siklus I diperoleh predikat "cukup" dengan persentase sebesar 59,4%, siklus II diperoleh predikat "baik" dengan persentase 73,7%, dan siklus III diperoleh predikat "baik" dengan persentase 83,4%. Kendala yang ditemukan ketika penelitian adalah sulitnya mengatur dan mendisiplinkan siswa saat melakukan kegiatan diskusi kelompok dan kegiatan siswa saat merancang kerangka ide serta membuat fokus penulisan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa keterampilan menulis siswa mampu dikembangkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan sangat efektif dalam pembelajaran IPS.;---This research study is beginning from the problems that happens in class VIII H 14 junior high school, that problems is the lacked of writing skills students in learning social studies. That things refer to the result of individual assignment is lacked, which is the content of assignment is about theory from text books only and also there's no an effort from students to finding an information from article and internet. In addition the result of group assignment is still boring and there's no connection between lesson from social studies with situation arround students circle. That things proved because there's no motivate to students for improved the group assignment in order to more better and informative. We know that writing skills is important for students develop such as give an opinion and knowing how to solve the problems in their circle and also it can make students more productive in efforts. So researcher choose classroom action research with Kemmis & Taggart research design consist of planning, acting, observing and reflecting doing in three cycle. Furthermore researcher applying cooperative learning model type CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) in Social Studies to improve writing skills in write at blog. The achievement of the expected objectives is illustrated on improving writing skills based on the indicators in the observation guidelines. The success of this research is seen from the improvement of students writing skills its shown through the development of several aspects or indicators of writing skills, such as making plan idea of writing, considering the context of blog content, thinking of writing focus on blog, develop of paragraph on blog, and making of revision list for another student. All indicators developed to improve writing skills students have increased from cycle I obtained "good" predicate with a percentage of 59, 4% cycle II obtained "good" predicate with 73,7% percentage, cycle III obtained "good" predicate with percentage 83,4 %. The most perceived obstacle in research is the difficulty of disciplining the students when doing discussion activities also making plan idea and focusing of writing activities.The results of this study explained that students writing skills can be developed through the appyling of cooperative learning model type CIRC with a very effective in learning social studies. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/32420/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3242/