IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER PLCBERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8 PADA MATA PELAJARAN PLC

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasannya jumlah alat praktikum sehingga siswa tidak fokus dalam kegiatan praktikum. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Trainer PLC Berbasis Mikrokontroler Atmega8 pada mata pelajaran plc. Metode...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ridwan, Ahmad (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32487/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03201 am a22003133u 4500
001 repoupi_32487
042 |a dc 
100 1 0 |a Ridwan, Ahmad  |e author 
245 0 0 |a IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER PLCBERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8 PADA MATA PELAJARAN PLC 
260 |c 2017-08-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/32487/1/S_TE_1005339_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32487/2/S_TE_1005339_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32487/3/S_TE_1005339_Table_Of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32487/4/S_TE_1005339_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32487/5/S_TE_1005339_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32487/6/S_TE_1005339_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32487/7/S_TE_1005339_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32487/8/S_TE_1005339_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32487/9/S_TE_1005339_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32487/10/S_TE_1005339_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasannya jumlah alat praktikum sehingga siswa tidak fokus dalam kegiatan praktikum. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Trainer PLC Berbasis Mikrokontroler Atmega8 pada mata pelajaran plc. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pre-experimental design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengukuran sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest) pada ranah kognitif. Pada ranah afektif pengukuran hasil belajar dilakukan dengan observasi selama proses pembelajaran praktikum berlangsung. Sedangkan pada ranah psikomotor pengukuran hasil belajar dilakukan dengan metode observasi saat praktikum menggunakan jobsheet. Perlakuan dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran trainer plc berbasis mikrokontroler atmega8. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan media pembelajaran Trainer PLC Berbasis Mikrokontroler Atmega8 terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini terindikasi oleh adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan. Data penelitian menunjukan rata-rata peningkatan N-Gain pada ranah kognitif sebesar 0,50 atau 50%, rata-rata nilai peserta didik pada ranah afektif 79,43, rata-rata nilai pada ranah psikomotor 81,86. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi media pembelajaran Trainer PLC Berbasis Mikrokontroler Atmega8 layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perancangan dan pemograman plc ditinjau dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/32487/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/32487/