PENGGUNAAN STRATEGI POLYA DALAM MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PADA PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi polya dalam matematika realistik terhadap peningkatan kemampuan penyelesaian masalah peserta didik berkesulitan belajar matematika. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang peserta didik berkesulitan belajar matematika. M...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Pratiwi, Diwananda S. (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-09-05.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32494/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04065 am a22003253u 4500
001 repoupi_32494
042 |a dc 
100 1 0 |a Pratiwi, Diwananda S.  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN STRATEGI POLYA DALAM MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PADA PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA 
260 |c 2017-09-05. 
500 |a http://repository.upi.edu/32494/1/T_PKH_1402628_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32494/2/T_PKH_1402628_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32494/3/T_PKH_1402628_Table_Of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32494/4/T_PKH_1402628_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32494/5/T_PKH_1402628_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32494/6/T_PKH_1402628_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32494/7/T_PKH_1402628_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32494/8/T_PKH_1402628_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32494/9/T_PKH_1402628_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32494/10/T_PKH_1402628_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi polya dalam matematika realistik terhadap peningkatan kemampuan penyelesaian masalah peserta didik berkesulitan belajar matematika. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang peserta didik berkesulitan belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Data penelitian diperoleh dari hasil tes essay yang dilakukan pada kondisi baseline-1 (A-1), kondisi intervensi, dan kondisi baseline-2 (A-2). Setelah data terkumpul, data diolah selanjutnya dianalisis dalam tiap kondisi dan antar kondisi. Aktivitas RYS dan RYH mengalami perubahan positif selama kegiatan intervensi. Sedangkan hasil perhitungan kedua analisis memperlihatkan bahwa intervensi berupa penggunaan strategi polya dalam matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah soal cerita peserta didik berkesulitan belajar matematika. Kemampuan RYH terdapat peningkatan dalam aspek kemampuan untuk merencanakan pemecahan masalah, mengetahui masalah dan memproses dan kemampuan RSN meningkat pada aspek pemahaman masalah dan pembuatan rencana pemecahan masalah. hasil penerapan strategi polya dalam matematika realistik dapat menjadi alternatif dalam mengeajar pemecahan masalah soal cerita peserta didik berkesulitan matematika.;---Aim of this research is effectivity of strategy polya in math realistic for increase problem solving skill student with math disabilities. Theres two students with math disabilities are subject of this reasearch. The research method used is single subjects research (SSR) experiment with A-B-A design. The research data is obtained from the result of multiple choice test conducted at baseline condition -1 (A-1), intervention condition, baseline condition -2 (A-2). After collected the data is processed then analyzed in each condition and between conditions. RSN and RYH activities experienced positive changes during the intervention. In the other hand, the results of second calculation analysis shows that the intervention in the form of the use of realistic mathematics with and polya strategy can increase the ability to solve the problem of word problem of students with learning difficulties mathematics. RYH improved in problem planning skill aspect, knowing problem skill aspect and to proceed the problem skill aspect. RSN improved in knowing te problem skill and problem plannning skill aspect. This research can convey is that second grade teachers can use realistic math and polya strategies in solving math story problems. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LC Special aspects of education 
690 |a QA Mathematics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/32494/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/32494/