PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL (FILM KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN BERCERTIA ANAK USIA DINI : Penelitian Kuasi Eksperimen Kelompok B Usia 5-6 Tahun

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran berpusat pada guru sehingga masih terdapat anak yang belum mampu bercerita dengan menggunakan kosakata yang sederhana, pembendaharaan kata yang masih kurang sehingga anak menjadi merasa sulit untuk bercerita. Selain itu, masih kurangnya kemampuan gur...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Huda, Milda Sofiatul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32522/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03371 am a22003133u 4500
001 repoupi_32522
042 |a dc 
100 1 0 |a Huda, Milda Sofiatul  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL (FILM KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN BERCERTIA ANAK USIA DINI : Penelitian Kuasi Eksperimen Kelompok B Usia 5-6 Tahun 
260 |c 2018-08-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/32522/1/S_PGPAUD_1405459_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32522/2/S_PGPAUD_1405459_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32522/3/S_PGPAUD_1405459_Tabel_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32522/4/S_PGPAUD_1405459_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32522/5/S_PGPAUD_1405459_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32522/6/S_PGPAUD_1405459_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32522/7/S_PGPAUD_1405459_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32522/8/S_PGPAUD_1405459_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32522/9/S_PGPAUD_1405459_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32522/10/S_PGPAUD_1405459_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran berpusat pada guru sehingga masih terdapat anak yang belum mampu bercerita dengan menggunakan kosakata yang sederhana, pembendaharaan kata yang masih kurang sehingga anak menjadi merasa sulit untuk bercerita. Selain itu, masih kurangnya kemampuan guru dalam memilih media pembelajaran, sehingga masih terdapat anak yang belum mampu mengungkapkan dan menyampaikan cerita. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk memperbaiki hal tersebut yaitu salah satunya dengan media pembelajaran yang digunakan kepada anak kelompok B di TK dengan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan bercerita anak usia dini (5-6 tahun) yang dilakukan di TK Plus Lestari kelompok B1. Keterampilan bercerita tersebut meliputi sikap (gesture) untuk memperjelas pesan, ketepatan isi cerita dan kelancaran dalam bercerita. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok B1 dan kelomok B2 TK Plus Lestari. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian performa, dan teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametik yaitu uji Mann-Whitney dengan rumus (sig) > α (0,05) maka H0 diterima, dan (sig) < α (0,05) maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tentang keterampilan bercerita anak usia dini pada saat pretest di peroleh 4,25 kelas eksperimen 4,50 kelas kontrol. Sedangkan rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 5,87 dan kelompok kontrol sebesar 5,25. Selanjutnya dari perhitungan rumus uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) yang diperoleh sebesar 0,359 ≥ 0,05 maka, Hₒ diterima. Artinya tidak terdapat perbedaan keterampilan bercerita antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan kata lain, keterampilan bercerita anak dapat diasumsikan setara. 
546 |a en 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/32522/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/32522/