ANALISIS EFEK METODE CANTOL ROUDHOH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DINI PADA ANAK : Studi Kasus terhadap Anak Kelas Dua Sekolah Dasar yang Pernah Mengikuti Metode Cantol Roudhoh di Kecamatan Cicalengka-Kabupaten Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prokontra dalam kegiatan pengembangan kemampuan membaca pada anak usia dini. Banyaknya praktek pembelajaran membaca yang tidak sesuai dengan prinsip pembelajaran literasi dini. Salah satu diantaranya banyak privat membaca yang di buka untuk anak. Padahal anak usi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Lestari, Dea Rika (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32548/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prokontra dalam kegiatan pengembangan kemampuan membaca pada anak usia dini. Banyaknya praktek pembelajaran membaca yang tidak sesuai dengan prinsip pembelajaran literasi dini. Salah satu diantaranya banyak privat membaca yang di buka untuk anak. Padahal anak usia dini tidak dituntut untuk bisa membaca. Hal tersebut terjadi salah satunya karena adanya tuntutan dari orang tua kepada pihak sekolah yang menyebabkan banyaknya lembaga sekolah TK yang melakukan penyimpangan dalam kegiatan membaca. Salah satu privat membaca ini menggunakan metode cantol roudhoh yang sudah berkembang selama 18 tahun, namun belum ditemukan efektif atau tidaknya dalam kemampuan literasi dini pada anak. Karena itu, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana efek metode cantol roudhoh terhadap kemampuan literasi dini pada anak yang mencakup minat membaca anak, kesadaran fonologi, kemampuan mengenal kosa kata dan perspektif anak terhadap metode cantol roudhoh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus yang mendudukan peneliti menjadi instrumen utama dalam melakukan penelitian, dengan analisis secara terperinci berdasarkan pedoman kuesioner, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian adalah tiga orang anak usia delapan tahun yang pernah mengikuti metode cantol roudhoh. Hasil penelitian menunjukan efek dari metode cantol roudhoh yang mencakup minat membaca, kesadaran fonologi dan kemampuan mengenal kosa kata anak ini adalah rendah. Untuk perspektif anak terhadap metode cantol roudhoh anak menyukai media, guru dan kegiatan pembelajarannya. Sementara, untuk kesuliatannya anak terbebani dari level kegiatan pembelajarannya. Karena itu direkomendasikan untuk metode cantol roudhoh ini disesuaikan dengan prinsip pembelajaran literasi dini yang meaningful.
Item Description:http://repository.upi.edu/32548/1/S_PGPAUD_1406310_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32548/2/S_PGPAUD_1406310_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32548/3/S_PGPAUD_1406310_Tabel_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32548/4/S_PGPAUD_1406310_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32548/5/S_PGPAUD_1406310_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32548/6/S_PGPAUD_1406310_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32548/7/S_PGPAUD_1406310_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32548/8/S_PGPAUD_1406310_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32548/9/S_PGPAUD_1406310_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32548/10/S_PGPAUD_1406310_Appendix.pdf