IMPLEMENTANSI MEDIA PEMBELAJAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK MULTISIM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO DI SMK NEGERI 4 BANDUNG

Multisim adalah media pembelajaran perangkat lunak yang berfungsi untuk menggambarkan dan mensimulasikan perilaku rangkaian elektronika baik analaog maupun digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai mengetahui perbedaan hasil pada kelas kontrol dan kelas eksperimen terhad...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mawarni, Archelia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32571/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Multisim adalah media pembelajaran perangkat lunak yang berfungsi untuk menggambarkan dan mensimulasikan perilaku rangkaian elektronika baik analaog maupun digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai mengetahui perbedaan hasil pada kelas kontrol dan kelas eksperimen terhadap belajar siswa setelah menerapkan perangkat lunak multisim dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Perekayasaan Sistem Audio pada materi filter analog. Penelitian ini perlu dilakukan guna memberikan masukan dan saran kepada pihak terkait bagaimana penerapan perangkat lunak multisim untuk meningkatkan hasil belajar berdasarkan studi literatur dan penelitian-penelitian sebelumnya. Responden pada penelitian ini adalah siswa program elektronika audio video SMKN 4 Bandung yang sedang mempelajari materi filter analog sebanyak 70 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pretest-posttest, instrument afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan media perangkat lunak multisim terhadap kelas XI elektronika audio video 1 sebagai kelas eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.----- Multisim is a software learning media that serves to describe and simulate the behavior of electronic circuits both analaog and digital. This study aims to obtain information about knowing differences in results in the control class and experimental class on student learning after applying multisim software in an effort to improve students' understanding of the subjects of Audio System Engineering on analog filter material. This research needs to be done in order to provide input and suggestions to the related parties how the application of multisim software to improve learning outcomes based on literature studies and previous studies. Respondents in this study are students of video audio electronics program SMKN 4 Bandung who are studying analog filter material as much as 70 people. The research method used in this research is quantitative method. Data collection was performed using the pretest-posttest, affective and psychomotor instruments. The result of this research shows that by applying multisim software media to class XI audio 1 video electronics as experiment class can improve student learning outcomes.
Item Description:http://repository.upi.edu/32571/1/S_TE_1300858_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32571/2/S_TE_1300858_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32571/3/S_TE_1300858_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32571/4/S_TE_1300858_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32571/5/S_TE_1300858_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32571/6/S_TE_1300858_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32571/7/S_TE_1300858_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32571/8/S_TE_1300858_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32571/9/S_TE_1300858_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32571/10/S_TE_1300858_Appendix.pdf