IMPELEMENTASI PROGRAM REBO NYUNDA DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA : studi deskriptif perilaku siswa dalam menerapkan nilai-nilai kearifan lokal sunda di SMPN 30 Bandung

Pengaruh dari budaya luar yaitu easternisasi dan westernisasi yang menyebabkan individu mulai melupakan kebudayaannya sendiri. Tidak sedikit individu yang lebih mengagungkan kebudayaan bangsa luar dibanding budaya bangsanya sendiri. Melihat hingga saat ini masih banyak peserta didik yang memiliki si...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Agustina, Santy (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32591/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04304 am a22003133u 4500
001 repoupi_32591
042 |a dc 
100 1 0 |a Agustina, Santy  |e author 
245 0 0 |a IMPELEMENTASI PROGRAM REBO NYUNDA DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA : studi deskriptif perilaku siswa dalam menerapkan nilai-nilai kearifan lokal sunda di SMPN 30 Bandung 
260 |c 2017-08-21. 
500 |a http://repository.upi.edu/32591/1/S_PSIPS_1300976_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32591/2/S_PSIPS_1300976_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32591/3/S_PSIPS_1300976_Table_Of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32591/4/S_PSIPS_1300976_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32591/5/S_PSIPS_1300976_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32591/6/S_PSIPS_1300976_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32591/7/S_PSIPS_1300976_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32591/8/S_PSIPS_1300976_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32591/9/S_PSIPS_1300976_Bibliography.pdf 
520 |a Pengaruh dari budaya luar yaitu easternisasi dan westernisasi yang menyebabkan individu mulai melupakan kebudayaannya sendiri. Tidak sedikit individu yang lebih mengagungkan kebudayaan bangsa luar dibanding budaya bangsanya sendiri. Melihat hingga saat ini masih banyak peserta didik yang memiliki sikap tidak peduli dalam melestarikan budaya yang berkembang di lingkungan sekitarnya, ditunjukkan dengan masih banyaknya peserta didik yang tidak memakai pakaian sunda dalam program rebo nyunda dan masih kurang berpartisipasi aktif dalam pelestarian budaya lokal yang diselenggarakan di sekolah. Pembentukan merupakan usaha yang telah terwujud sebagai hasil suatu tindakan. Pembentukan dalam hal ini yaitu pembentukan karakter siswa untuk menjadikan karakter siswa menjadi lebih baik, terutama dalam melestarikan budaya sendiri. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah, Siswa-siswi di SMPN 30 Bandung Metode yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi dan angket penelitian. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program rebo nyunda dalam membangun karakter siswa, sebagaian besar responden sudah menerapkan program rebo nyunda setiap hari rabu, namun masih banyak siswa yang belum menerapkan dan mematuhi, karena pihak sekolah masih belum melakukan sanksi tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik. Karakter siswa di SMP Negeri 30 Bandung sudah cukup baik dengan sikap dan perilaku yang ditunjukkan dalam mematuhi aturan program rebo nyunda.;--- The influence from the outer culture which is easternization and westernization cause the individuals to start forgetting their own culture. Many individuals are still praising the culture of other countries more than their country's culture. Now there are students who still do not care in preserving their culture; they do not wear Sundanese traditional clothes in rebo nyunda program and are still lack in terms of their participation in the local culture preservation conducted by the school. Character building is a form of effort done to make the students' character better, especially in terms of their own culture. This research is a qualitative research. The subject of this research is the students of SMPN 30 Bandung The method used in this research was interview, observation, documentation, and questionnaire. The result of this research shows that rebo nyunda program in order to build the students' character are already implemented every Wednesday by most of the respondents. However, there are still a lot of students who have not implemented and obeyed the program because the school still do not give any strict rules about the program. In conclusion, the character of the students in SMP Negeri 30 Bandung is likely good reflected by their behavior and attitude in participating in rebo nyunda program. 
546 |a en 
690 |a H Social Sciences (General) 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/32591/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/32591/