PENGARUH MODEL PAIKEM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA : Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas V pada Dua SD di Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung 2018

Hal ini juga didukung oleh beberapa riset yang dijadikan rujukan dalam penelitian. Penelitian ini dilaksanakan karena kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang menjadi tuntutan pendidikan pada abad ke 21. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hidayat, Taufik (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32592/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Hal ini juga didukung oleh beberapa riset yang dijadikan rujukan dalam penelitian. Penelitian ini dilaksanakan karena kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang menjadi tuntutan pendidikan pada abad ke 21. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM serta 2) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan prosedur kuantitatif, dengan metode kuasi eksperimen serta desain Nonequivalent Control Group. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis 8 soal serta lembar observasi aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. Sampel Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Drawati 2 dan kelas V SDN Candra. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dari pretest dan posttest, kemudian dilakukan uji normalitas dan uji perbedaan rerata pada data n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM, serta 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM dan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model PAIKEM dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, khususnya pada materi jaring-jaring kubus dan balok serta volume balok.
Item Description:http://repository.upi.edu/32592/1/S_PGSD_1403145_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32592/2/S_PGSD_1403145_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32592/3/S_PGSD_1403145_Table%20of%20Content.pdf
http://repository.upi.edu/32592/4/S_PGSD_1403145_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32592/5/S_PGSD_1403145_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32592/6/S_PGSD_1403145_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32592/7/S_PGSD_1403145_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32592/8/S_PGSD_1403145_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32592/9/S_PGSD_1403145_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32592/10/S_PGSD_1403145_Appendix.pdf