PENERAPAN METODE CORNELL NOTE-TAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK INTENSIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK : Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri Cibiru 10 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas serta keterampilan menyimak intensif siswa pada pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan aktivitas menyimak intensif dengan menggunakan metode Cornell Note-Taking dan (2) untuk meningkatkan hasil kemampu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rizky Nur Fauziah, Fauziah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32598/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas serta keterampilan menyimak intensif siswa pada pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan aktivitas menyimak intensif dengan menggunakan metode Cornell Note-Taking dan (2) untuk meningkatkan hasil kemampuan menyimak intensif dengan menggunakan metode Cornell Note-Taking. Penelitian ini mengacu kepada model penelitian tindakan kelas Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan ke dalam enam siklus. Setiap siklus yang dilakukan terdiri dari satu tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Cibiru 10 yang terdiri dari 26 siswa. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara, catatan lapangan, lembar kerja proses, lembar catatan Cornell Note-Taking, serta lembar soal evaluasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat peningkatan terhadap aktivitas menyimak intensif siswa dalam pembelajaran tematik menggunakan metode Cornell Note-Taking. Hal tersebut dapat terlihat dari rata-rata nilai setiap siklus yang diperoleh siswa, yaitu siklus I mencapai 62,19; siklus II 60,23; siklus III 60,34; siklus IV 64,46; siklus V 66,03 dan siklus VI 74. (2) terdapat peningkatan terhadap hasil kemampuan menyimak intensif siswa dalam pembelajaran tematik menggunakan metode Cornell Note-Taking. Hal ini dibuktikan oleh perolehan rata-rata nilai siswa pada siklus I, 63.07; siklus II, 68.26; siklus III, 65.69; siklus IV, 67.76; siklus V, 74.26 dan siklus VI, 78.92. Dari hasil tersebut dapat terlihat adanya peningkatan secara signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Cornell Note-Taking mampu meningkatkan keterampilan menyimak intesif siswa sekolah dasar pada pembelajaran tematik. Kata kunci: Menyimak Intensif, Pembelajaran Tematik, Cornell Note-Taking, Siswa Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas
Item Description:http://repository.upi.edu/32598/1/S_PGSD_1406152_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32598/2/S_PGSD_1406152_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32598/3/S_PGSD_1406152_Table%20of%20content.pdf
http://repository.upi.edu/32598/4/S_PGSD_1406152_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32598/5/S_PGSD_1406152_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32598/6/S_PGSD_1406152_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32598/7/S_PGSD_1406152_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32598/8/S_PGSD_1406152_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32598/9/S_PGSD_1406152_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32598/10/S_PGSD_1406152_Appendix.pdf