ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN WHATSAPP TERHADAP GAYA BAHASA DAN IMPLIKASINYA DALAM KETERAMPILAN MENULIS SISWA : (Penelitian Studi Kasus pada 12 Orang Siswa Kelas V SD Laboratorium Kampus UPI di Cibiru di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung )

WhatsApp merupakan aplikasi pesan yang terdapat dalam alat komunikasi smartphone. WhatsApp sudah menjadi bagian dari gaya hidup siswa sekolah dasar dalam berkomunikasi. Terdapat temuan bahwa siswa mencampuradukkan bahasa non-baku pada aktivitas menulis konvensional. Adapun tujuan penelitian ini adal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Tria, Farizah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-09.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32687/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:WhatsApp merupakan aplikasi pesan yang terdapat dalam alat komunikasi smartphone. WhatsApp sudah menjadi bagian dari gaya hidup siswa sekolah dasar dalam berkomunikasi. Terdapat temuan bahwa siswa mencampuradukkan bahasa non-baku pada aktivitas menulis konvensional. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui alasan siswa menggunakan WhatsApp, (2) mengetahui kondisi gaya bahasa siswa yang menggunakan media sosial WhatsApp, (3) mengetahui implikasi gaya bahasa siswa yang menggunakan WhatsApp terhadap keterampilan menulisnya. Peneliti menggunakan kajian penelitian kualitatif metode studi kasus. Peneliti memilih 12 orang siswa kelas V yang merupakan pengguna aktif WhatsApp. Peneliti mengobservasi aktivitas chatting siswa baik dengan teman sebaya maupun dengan peneliti serta menganalisis hasil tulisan siswa. Selain itu peneliti melakukan wawancara kepada siswa, orang tua, dan guru sebagai penunjang data. Instrumen yang digunakan berupa kuisioner, pedoman wawancara, pedoman observasi, lembar catatan observasi, instrumen penilaian menulis, serta dokumentasi audio dan visual. Setelah itu data dianalisis menggunakan teknik model Spradley (2007) dengan tahapan analisis domain, taksonomi, komponensial dan analisis tema kultural. Hasil analisis data ditemukan (1) alasan siswa menggunakan WhatsApp yaitu untuk memudahkan berkomunikasi dengan teman dan keluarga; mudah diakses dan mudah digunakan; dapat mengetahui berita dan informasi; fitur-fiturnya menarik; hemat kuota internet; dan ikut-ikutan teman, (2) kondisi gaya bahasa siswa yang menggunakan WhatsApp dapat dikategorikan ke dalam dua kelompok yaitu tatanan non-formal ragam kasual dan ragam akrab, dan (3) implikasi gaya bahasa pada penggunaan WhatsApp terhadap siswa dengan kondisi gaya bahasa afektif memiliki keterampilan menulis sangat baik. Sedangkan siswa dengan kondisi gaya bahasa lugas, memiliki keterampilan menulis baik.
Item Description:http://repository.upi.edu/32687/1/S_PGSD_1403458_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32687/2/S_PGSD_1403458_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32687/3/S_PGSD_1403458_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32687/4/S_PGSD_1403458_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32687/5/S_PGSD_1403458_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32687/6/S_PGSD_1403458_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32687/7/S_PGSD_1403458_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32687/8/S_PGSD_1403458_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32687/9/S_PGSD_1403458_Bibliography.pdf