PENGARUH EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI : survei pada siswa kelas XI IIS SMA Negeri di Kota Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang ditunjukan oleh nilai rata-rata UN SMA Negeri di Kota Bandung tahun ajaran 2015/2016 sebesar 59,11 dari KKM rata-rata sekolah se-Kota Bandung sebesar 73,15, selisih tersebut mencapai 14,04. Pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hadiyanti, Anindita Nurul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32728/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang ditunjukan oleh nilai rata-rata UN SMA Negeri di Kota Bandung tahun ajaran 2015/2016 sebesar 59,11 dari KKM rata-rata sekolah se-Kota Bandung sebesar 73,15, selisih tersebut mencapai 14,04. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei eksplanatori, dengan teknik pengumpulan data melalui angket. Responden dalam penelitian ini siswa kelas XI IIS SMA Negeri di Kota Bandung sebanyak 314 siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Efikasi diri berada pada kategori sedang dan motivasi belajar berada pada kategori sedang, artinya siswa belum sepenuhnya optimal dalam mengkondisikan dirinya ketika menerima pembelajaran di sekolah. Hasil belajar yang diperoleh berada pada kategori sedang, artinya siswa belum sepenuhnya optimal ketika menerima pembelajaran di sekolah; (2) Efikasi diri berpengaruh terhadap hasil belajar; (3) Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sedangkan (4) Efikasi diri dan Motivasi balajar siswa berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa.;---The background of this study is decline in student learning outcomes on economic subjects are shown by the average value of UN SMA in Bandung city academic year 2015/2016, 59,11 margin of the decline reached 14,04. This study aims to determine and analyze the effect of self efficacy and motivation to learn on student learning outcomes on economic subjects. The method used is explanatory survey, the data collection through questionnaires. Respondents in this study is a class XI IIS student of SMAN as the city of Bandung as many as 314 students. The collected data were analyzed using multiple linear regression. The results showed that: (1) self efficacy is in the middle category and the motivation to learn is in a middle category, meaning that students are not bery able to condition themselves when receiving lesson at school; (2) self efficacy influence on student learning outcomes; (3) motivation to learn influence on student learning outcomes, while (4) Self efficacy and motivation to learn influence simultaneously against student learning outcomes.
Item Description:http://repository.upi.edu/32728/1/S_PEK_1300644_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32728/2/S_PEK_1300644_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32728/3/S_PEK_1300644_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/32728/4/S_PEK_1300644_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32728/5/S_PEK_1300644_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32728/6/S_PEK_1300644_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32728/7/S_PEK_1300644_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32728/8/S_PEK_1300644_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32728/9/S_PEK_1300644_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32728/10/S_PEK_1300644_Appendix.pdf