PENGEMBANGAN STRATEGI DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) DENGAN BERBANTUAN STUDENT QUESTION DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN WACANA FIKSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) dengan berbantuan Student Question dalam pembelajaran membaca pemahaman wacana fiksi. Adapun langkah-langkah pembelajarannya meliputi tahap membaca, tahap prediksi, tahap lanjutan, dan tahap pembuktian. P...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Widowati, Rafina (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-11-07.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32782/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) dengan berbantuan Student Question dalam pembelajaran membaca pemahaman wacana fiksi. Adapun langkah-langkah pembelajarannya meliputi tahap membaca, tahap prediksi, tahap lanjutan, dan tahap pembuktian. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), meliputi tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap pelaksanaan. Pada tahap perencanaan dihasilkan analisis kebutuhan guru dan siswa yang kemudian digunakan sebagai dasar pengembangan rancangan model strategi pembelajaran yang akan dikembangkan. Pada tahap pengembangan dihasilkan strategi pembelajaran DRTA dengan berbantuan SQ dan instrumen pengukuran hasil pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan diterapkan strategi pembelajaran menggunakan strategi DRTA dengan berbantuan SQ dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMPN 29 Bandung, SMP Pasundan 12 Bandung, dan SMPN 6 Bandung Tahun Pelajaran 2016-2017 yang dipilih secara purposive sampling. Pada tahap ini pun dilakukan pengukuran dampak pembelajaran dan ketercapaian tujuan pengembangan strategi pembelajaran. Pengukuran uji coba model menggunakan metode kuasi eksperimen one group pretest-posttest design. Hasil implementasi menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman wacana fiksi antara kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan strategi DRTA berbantuan SQ dengan kelompok eksperimen yang diberi perlakuan strategi DRTA berbantuan SQ terdapat perbedaan yang signifikan. Perolehan nilai yang dicapai oleh siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi DRTA dengan berbantuan SQ efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman;--- This study aims to develop the strategy of DRTA (Directed Reading Thinking Activity) with the help of Student Question in reading learning comprehension of fiction discourse. The learning steps include reading phase, prediction stage, advanced stage, and stage of proof. This research uses Research and Development (R & D) method, covering three phases, namely planning stage, development stage, and implementation phase. At the planning stage generated analysis of the needs of teachers and students who then used as a basis for the development of the model of learning strategies that will be developed. At the development stage, DRTA learning strategies are generated with the help of SQ and measurement instruments of learning outcomes. At the implementation stage applied learning strategy using DRTA strategy with assisted SQ with research subject of student of class VII SMPN 29 Bandung, SMP Pasundan 12 Bandung, and SMPN 6 Bandung Lesson Year 2016-2017 selected by purposive sampling. At this stage also measured the impact of learning and achievement of learning strategy development goals. The model trial measurement uses the quasi-experimental one-pretest-posttest design method. The result of the implementation shows that the reading comprehension of fiction discourse between control group which is not treated with SQ-assisted DRTA strategy with the experimental group treated with SQ-assisted DRTA strategy there is significant difference. The achievement of the grades achieved by the experimental group students is higher than the control group. Thus it can be concluded that the DRTA strategy with the help of SQ is effective to improve comprehension reading comprehension.
Item Description:http://repository.upi.edu/32782/1/T_B.IND_1502208_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32782/2/T_B.IND_1502208_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32782/3/T_B.IND_1502208_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/32782/4/T_B.IND_1502208_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32782/5/T_B.IND_1502208_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32782/6/T_B.IND_1502208_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32782/7/T_B.IND_1502208_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32782/8/T_B.IND_1502208_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32782/9/T_B.IND_1502208_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32782/10/T_B.IND_1502208_Appendix.pdf