PENGARUH MODEL KONSIDERASI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DENGAN HAMBATAN EMOSI DAN PERILAKU DI SLB E HANDAYANI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model konsiderasi terhadap keterampilan sosial anak dengan hambatan emosi dan perilaku di SLB E Handayani. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain One Group Pre-Test Post-Test. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen obs...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yulida, Dea (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-07-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32788/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model konsiderasi terhadap keterampilan sosial anak dengan hambatan emosi dan perilaku di SLB E Handayani. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain One Group Pre-Test Post-Test. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi sistematis mengenai keterampilan sosial. Teknik pengambilan sampel menggunakan probabilitas sampling dengan random sampling. Analisis data menggunakan teknik statistik nonparametrik dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model konsiderasi berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan sosial anak dengan hambatan emosi dan perilaku. Model konsiderasi dapat diterapkan sebagai alternatif dalam pembelajaran keterampilan sosial anak dengan hambatan emosi dan perilaku.;---This research was aimed to investigate the influence of consideration model towards the social skill of children with emotional and behavioral disorder in SLB E Handayani. This research was conducted using experimental research with One Group Pre-Test Post-Test design. The data collection was carried out using the systematic observation instrument concerning the social skill. As for the sampling technique used in this research was the probability sampling; which was random sampling. The data was analyzed using nonparametic statistic technique with Wilcoxon test. The research result showed that the implementation of the consideration model was influential in improving the social skill of children with emotional and behavioral disorder. Thus, the consideration model is applicable as an alternative way in the social skill learning of children with emotional and behavioral disorder.
Item Description:http://repository.upi.edu/32788/1/S_PKH_1301070_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32788/2/S_PKH_1301070_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32788/3/S_PKH_1301070_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32788/4/S_PKH_1301070_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32788/5/S_PKH_1301070_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32788/6/S_PKH_1301070_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32788/8/S_PKH_1301070_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32788/9/S_PKH_1301070_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32788/10/S_PKH_1301070_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32788/11/S_PKH_1301070_Appendix.pdf