IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN WATER LEVEL FILLING SYSTEM TRAINER PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ROBOTIK DI SMK NEGERI 1 CIMAHI KONSENTRASI ELEKTRONIKA INDUSTRI

Media pembelajaran WLFST (Water Level Filling System Trainer), merupakan alat yang diciptakan sebagai pendukung kegiatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil dari implementasi media pembelajaran WLFST pada kegiatan praktikum Teknik Elektroni...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Putra, Agung Pramudiantoro (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32797/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Media pembelajaran WLFST (Water Level Filling System Trainer), merupakan alat yang diciptakan sebagai pendukung kegiatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil dari implementasi media pembelajaran WLFST pada kegiatan praktikum Teknik Elektronika Industri, mata pelajaran Perekayasaan Sistem Robotik di SMK Negeri 1 Cimahi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Prosedur penelitian yang dilakukan akan menghasilkan data deskriptif dari perilaku yang diamati yaitu berupa aktifitas informan penelitian meliputi ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Dalam penelitian ini terdapat 18 informan yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu 9 informan pada kelas XII A dan 9 informan pada kelas XII B. Untuk setiap kelas terdiri dari 5 informan berjenis kelamin laki-laki dan 4 informan berjenis kelamin perempuan. Pada proses implementasi media pembelajaran WLFST sangat baik, ini didapatkan bahwa WLFST sebagai media pembelajaran sangat baik diterapkan pada kegiatan pembelajaran praktikum. Sikap antusiasme pada pembelajaran yang dilakukan pada kelas XII A lebih baik dibandingkan pada kelas XII B. Hasil pengamatan dan wawancara menunjukan rata-rata kemampuan pada kelas XII A untuk ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif masuk kategori sangat baik, sedangan kelas XII B masuk kategori cukup baik. Hal ini sangat dipengaruhi dari karakteristik informan pada proses pembelajaran di dalam kelas. Secara khusus, diperoleh temuan bahwa informan dengan jenis kelamin perempuan memiliki kemampuan di bawah kemampuan informan laki-laki, terutama dalam kegiatan-kegiatan pada ranah psikomotorik.---- Learning media of WLFST (Water Level Filling System Trainer), is a tool created to supported in the learning process activities. This study aims to find out how the process and the results of WLFST learning media implementation on the activities Electronics Engineering practicum industry robotics subjects in vocational high school 1 Cimahi. The method used in this research is a qualitative method. The research procedure will produce descriptive data from observed behavior that is in the form of activity of research informant covering cognitive, psychomotoric, and affective area. In this study there were 18 informants research is divided into two classes, namely 9 informants in class XII A and 9 informants in class XII B. For each class consists of 5 male informants and 4 female informant. In the process of learning media WLFST in the study implementation is very well, it is found that WLFST as a learning media is very well applied to practical learning activities. Attitude of enthusiasm in learning done in class XII A better than in class XII B. The result of observation and interview shows the average ability of class XII A for cognitive, psychomotoric and affective aspect into very good category, class XII B in category pretty good. This is strongly influenced by the characteristics of informants in the learning process in the classroom. Specifically, it was found that with female informants had capabilities under the capabilities of male informants, especially in activities in the psychomotor domain.
Item Description:http://repository.upi.edu/32797/1/S_TE_1304885_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32797/2/S_TE_1304885_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32797/3/S_TE_1304885_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32797/4/S_TE_1304885_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32797/5/S_TE_1304885_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32797/6/S_TE_1304885_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32797/7/S_TE_1304885_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32797/8/S_TE_1304885_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32797/9/S_TE_1304885_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32797/10/S_TE_1304885_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/32797/11/S_TE_1304885_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/32797/12/S_TE_1304885_Appendix3.pdf