PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER MUSIK ANGKLUNG PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI CICENDO

Penelitian ini berjudul "Pelaksanaan Ekstrakurikuler Musik Angklung Pada Siswa Tunarungu Di SLB Negeri Cicendo". Penelitian ini bertitik dari masalah bagaimanakan pelaksanaan ekstrakurikuler musik angklung pada siswa tunarungu di SLB Negeri Cicendo. Sulitnya mengajarkan musik kepada siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Adli, Teuku Agam Nanda Tama (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32813/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini berjudul "Pelaksanaan Ekstrakurikuler Musik Angklung Pada Siswa Tunarungu Di SLB Negeri Cicendo". Penelitian ini bertitik dari masalah bagaimanakan pelaksanaan ekstrakurikuler musik angklung pada siswa tunarungu di SLB Negeri Cicendo. Sulitnya mengajarkan musik kepada siswa tunarungu mengakibatkan guru membuat program ekstrakurikuler yang berhubungan dengan pembelajaran musik pada siswa tunarungu. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh gambaran objektif mengenai pelaksanaan ekstrakurikuler musik angklung pada siswa tunarungu di SLB Negeri Cicendo. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan kualitatif, peneliti mengamati pelaksanaan ekstrakurikuler musik angklung dan menyajikan data berupa deskriptif, menganalisa dan menginterpretasikan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Temuan penelitian ini menyatakan kegiatan yang dilakukan dalam persiapan pelaksanaan dengan melakukan penyusunan program diahir semester. Seluruh warga sekolah menjadi bagian penyusunan program pada saat rapat kerja yang dilaksanakan. Pelaksanaan latihan dilakukan sebanyak satu kali dalam satu minggu, jika sekolah mendapatkan tugas untuk mengirimkan grup musik angklung pada sebuah acara, pembimbing ekstrakurikuler musik angklung di sekolah tersebut menambahkan jadwal latihan menjadi lima kali dalam seminggu. Metode dalam mengajarkannya menggunakan isyarat untuk menunjukan not yang harus dimainkan oleh para pemain.---- This study entitled "implementation of angklung musical extracurricular in deaf students at slb cicendo". This reseach dotted from the problem how the implementation of angklung musical extracurricular in deaf students at SLB Cicendo. The difficulty of teaching music to deaf students resulted in teachers making extracurrricular programs related to music learning in deaf students. The purpose of this research is to obtain an objective picture about the implementation of angklung music ectracurricular in deaf students in SLB Cicendo, This research uses descriptive method with qualitative approach, researchers observed the implementation of angklung music extracurricular and present descriptive data, analyze and interpret data. Data collection techniques used were boservation and interview. Technique examination of data validity using triangulation technique. The findings of this study indicate the activities undertaken in the preparation of the implementation by conducting the program at the and of the semester. All school residents became part of the program's compilers during the work meeting. Implementation of the exercise is done as much as one time in one week, if the school gets the assignment to send an angklung music group to an event, extracurricular counselor of angklung music at the school adds exercise schedule to five times a week. The method in teaching it uses gestures to show the notation that players must play.
Item Description:http://repository.upi.edu/32813/1/S_PKH_1307849_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32813/2/S_PKH_1307849_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32813/3/S_PKH_1307849_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32813/4/S_PKH_1307849_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32813/5/S_PKH_1307849_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32813/6/S_PKH_1307849_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32813/7/S_PKH_1307849_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32813/8/S_PKH_1307849_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32813/9/S_PKH_1307849_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32813/10/S_PKH_1307849_Appendix.pdf