PENGARUH MODEL SINEKTIK DAN MODEL SAVI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI : Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam menulis puisi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang terlatih dalam menulis puisi sehingga mengakibatkan kesulitan dalam menuangkan ide atau gagasan ke dalam bahasa puisi. Faktor lain yang berpengaruh yakni m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rosita, Hanna (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-09.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32844/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam menulis puisi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang terlatih dalam menulis puisi sehingga mengakibatkan kesulitan dalam menuangkan ide atau gagasan ke dalam bahasa puisi. Faktor lain yang berpengaruh yakni model mengajar yang diterapkan guru kurang menarik, seperti penggunaan metode konvensional atau metode ceramah. Hal ini dirasa kurang efektif karena guru lebih mendominasi dalam proses belajar sehingga terjadi interaksi satu arah. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan, peneliti menawarkan dua model yang dianggap dapat memberikan pengaruh terhadap pembelajaran menulis puisi yaitu model Sinektik dan model SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model Sinektik dan model SAVI terhadap kemampuan menulis puisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain the matching pretest-postest design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua sekolah yang berada di Kecamatan Bongas dengan sampel penelitian kelas V. Berdasarkan pengolahan data yang didapatkan, diketahui nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen adalah sebesar 39,61 dan kelas pembanding adalah sebesar 37,65. Setelah mendapat perlakuan berbeda, maka diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah sebesar 72,48 dan kelas pembanding adalah sebesar 65,70. Selain itu, berdasarkan hasil uji perbedaan dua rerata posttest kelas eksperimen dan kelas pembanding adalah sebesar 2,445 dengan nilai signifikansi 0,019. Artinya terbukti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis puisi siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Sinektik dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model SAVI. Berdasarkan hasil tersebut juga dapat dimaknai bahwa pengaruh model Sinektik lebih baik daripada pengaruh model SAVI terhadap kemampuan menulis puisi.
Item Description:http://repository.upi.edu/32844/1/S_PGSD_1400150_Title.pdf
http://repository.upi.edu/32844/2/S_PGSD_1400150_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/32844/3/S_PGSD_1400150_Tabel_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/32844/4/S_PGSD_1400150_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/32844/5/S_PGSD_1400150_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/32844/6/S_PGSD_1400150_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/32844/7/S_PGSD_1400150_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/32844/8/S_PGSD_1400150_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/32844/9/S_PGSD_1400150_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/32844/10/S_PGSD_1400150_Appendix.pdf