TRANSMISI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IDENTIFIKASI TANAMAN PADI LOKAL PADA KELOMPOK BUDAYA SUNDA KASEPUHAN CIPTAGELAR SERTA IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Penelitian deskriptif ini dilakukan untuk mengetahui model transmisi pengetahuan dan keterampilan identifikasi tanaman padi lokal pada kelompok budaya Sunda Kasepuhan Ciptagelar pada pembelajaran biologi untuk mengukur kemampuan literasi keanekaragaman hayati siswa. Data diperoleh melalui wawancara...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kelana, Himalaya Wana (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32861/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04803 am a22003253u 4500
001 repoupi_32861
042 |a dc 
100 1 0 |a Kelana, Himalaya Wana  |e author 
245 0 0 |a TRANSMISI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IDENTIFIKASI TANAMAN PADI LOKAL PADA KELOMPOK BUDAYA SUNDA KASEPUHAN CIPTAGELAR SERTA IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI 
260 |c 2017-06-15. 
500 |a http://repository.upi.edu/32861/1/T_BIO_1403011_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32861/2/T_BIO_1403011_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32861/3/T_BIO_1403011_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32861/4/T_BIO_1403011_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32861/5/T_BIO_1403011_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32861/6/T_BIO_1403011_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32861/7/T_BIO_1403011_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32861/8/T_BIO_1403011_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32861/9/T_BIO_1403011_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32861/10/T_BIO_1403011_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian deskriptif ini dilakukan untuk mengetahui model transmisi pengetahuan dan keterampilan identifikasi tanaman padi lokal pada kelompok budaya Sunda Kasepuhan Ciptagelar pada pembelajaran biologi untuk mengukur kemampuan literasi keanekaragaman hayati siswa. Data diperoleh melalui wawancara semi tertruktur secara mendalam (in-depth interview), catatan lapangan melalui observer berpatisipasi (participant observer), voucher specimen dan tes literasi keanekaragaman hayati. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa SMP Negeri 4 Cisolok Satu Atap sebagai bagian dari generasi muda Kasepuhan Ciptagelar, orangtua siswa dan beberapa stakeholder Kasepuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transmisi pengetahuan dan keterampilan identifikasi tanaman padi lokal secara dominan berlangsung melalui jalur vertikal, yaitu dari orangtua kepada anaknya. Hal ini dikarenakan, keluarga merupakan kontak pertama anak dalam bersosialisasi. Transmisi pengetahuan dapat pula terjadi secara oblique dan horizontal. Transmisi secara oblique bersumber dari para sesepuh adat yang disebut dengan baris kolot. Sedangkan transmisi horizontal bersumber dari teman sebaya.. Proses transmisi berlangsung melalui penyampaian secara lisan, mengamati, dan bertanya secara aktif. Pada proses transmisi pengetahuan ini, terkandung nilai-nilai kearifan lokal yang mengatur etika moral masyarakat Kasepuhan. Berdasarkan persepsi etik, isi pengetahuan yang diturunkan mengandung prinsip-prinsip biodiversitas baik pada pengetahuan lokal maupun nilai-nilai kearifan lokal. Implementasi dari transmisi pengetahuan tercermin pada kemampuan literasi keanekaragaman hayati siswa yang mencapai persentase 65.24. Nilai tersebut termasuk ke dalam kategori sedang. ;---This descriptive research is conducted to reveal the implementation of knowledge transmission and skills identification of local rice plants on Kasepuhan Ciptagelar sundanese culture group at biology learning to measure the biodiversity literacy skills of students. The data is gained through an in-depth semi-structured interviews, participant observer, voucher specimen and biodiversity literacy tests. The subjects of this research cinsists of SMP Negeri 4 Cisolok Satu Atap students as the part of Kasepuhan Ciptagelar young generation, the parents and some Kasepuhan stakeholders. The result of the study shows that the konwledge transmision and identification skills on local rice plants takes place predominantly through vertical line, which goes from the parents to their children. This is because famiily is the children's first contact in socializing. The knowledge transmission might also happen obliquely and horizontall. Oblique transmission comes from indigenous elders called conservative line. While the horizontal transmission comes from peers. The transmission process takes place through oral submission, observing, and asking actively. On this knowledge transmission process, it consists of local wisdoms which manage the moral value of Kasepuhan people. According to the ethic perception, the derived knowledge content consists of biodiversity principles both on local knowledge and local wisdoms. The implementation of this konowledge transmission is reflected on the biodiversity literacy skills of students which reaches 65, 24. That score is included to medium category. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a QH301 Biology 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/32861/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/32861/