ANALISIS KILIR LIDAH DAN GEJALA HUMOR DALAM TAYANGAN KOMEDI TUNGGAL SERTA PENGEMBANGANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS ANEKDOT

Krisis kreatifitas menulis dan kekeliruan saat mempresentasikannya merupakan hal yang sering terjadi pada pembelajaran teks anekdot. Bertalian dengan hal tersebut, penelitian ini mengkaji gejala kilir lidah dan konteks humornya dalam tayangan Stand-up Comedy Academy (SUCA). Masalah dalam penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Asyura, Muhammad (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/32889/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04993 am a22003253u 4500
001 repoupi_32889
042 |a dc 
100 1 0 |a Asyura, Muhammad  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS KILIR LIDAH DAN GEJALA HUMOR DALAM TAYANGAN KOMEDI TUNGGAL SERTA PENGEMBANGANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS ANEKDOT 
260 |c 2017-08-16. 
500 |a http://repository.upi.edu/32889/1/T_B.IND_1503382_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32889/2/T_B.IND_1503382_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32889/3/T_B.IND_1503382_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32889/4/T_B.IND_1503382_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32889/5/T_B.IND_1503382_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32889/6/T_B.IND_1503382_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32889/7/T_B.IND_1503382_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32889/8/T_B.IND_1503382_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32889/9/T_B.IND_1503382_Chapter6.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32889/10/T_B.IND_1503382_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/32889/11/T_B.IND_1503382_Appendix.pdf 
520 |a Krisis kreatifitas menulis dan kekeliruan saat mempresentasikannya merupakan hal yang sering terjadi pada pembelajaran teks anekdot. Bertalian dengan hal tersebut, penelitian ini mengkaji gejala kilir lidah dan konteks humornya dalam tayangan Stand-up Comedy Academy (SUCA). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gejala kilir lidah dan gejala humor yang muncul pada tayangan tersebut dan mengembangkan hasil kajian tersebut sebagai bahan ajar teks anekdot. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikopragmatik. Data yang dianalisis sebanyak 63 tuturan yang bersumber dari 50 buah tayangan SUCA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) jenis kilir lidah yang dominan terjadi adalah jenis kekeliruan asembling pada tipe kekeliruan perseverasi; (2) gejala kilir lidah dominan terjadi pada segmen kata; (3) kilir lidah dominan terjadi karena faktor grogi dan tergesa-gesa saat bertutur; (4) strategi tutur yang dominan digunakan oleh para komika menggunakan strategi membuat ironi; dan (5) struktur anekdot yang dominan digunakan oleh komika adalah struktur bit tunggal yang didominasi oleh wacana humor sosial. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dikembangkanlah modul berjudul Kreatif Memproduksi dan Menyampaikan Teks Anekdot. Modul tersebut disusun dan diuji kelayakannya dengan menggunakan skala Likert dengan angket sebagai instrumen berdasarkan data yang bersumber dari ahli bahan ajar, tenaga, dan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa modul tersebut layak untuk digunakan siswa SMA kelas X pada pembelajaran teks anekdot. ;---The crisis of creative writing and errors while presenting it are a frequent occurrence of anecdotal learning textbook. In this regard, this study examines the symptoms of tongue flickering and the context of humor in Stand-up Comedy Academy (SUCA). The problem in this study is how the symptoms of tongue flickering and symptoms of humor that appear on the impressions and develop the results of the study as an anecdote text materials. This research is a qualitative research by using documentation study technique. This research uses psychopragmatic approach. The data analyzed were 63 speeches from 50 SUCA impressions. The results of this study indicate that (1) the dominant type of slip of tongue occurs as the type of mistaken on assembling in the type of error persevere, (2) the dominant symptom on slip of the tongue occurs in the unit of word or word segment, (3) the dominant symptom of tongue flashes occurs due to nervous and hasty factors in speech, (4) the dominant speech strategy used by comics to create symptoms of humor is using a strategy of making irony, and (5) the dominant anecdotal structure used by comics in SUCA impressions is a single bit structure. In addition, the context of humor built on humorous discourse on SUCA impressions is dominated by a kind of social humor. The findings and analysis on five subproblems were then developed into teaching materials (modules) entitled Kreatif Memproduksi dan Menyampaikan Teks Anekdot as a form of learning application. The module is prepared and tested feasibility by using Likert scale with questionnaire as an instrument of data sourced from expert materials, educators, and learners. Based on the process found that the module is feasible for use in high school students of class X to study the material about anecdote text. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/32889/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/32889/